Resep Tahu Susu Cek di Sini, Apa Saja Khasiat di Dalamnya?

- Minggu, 16 Januari 2022 | 09:10 WIB
Tahu susu, ilustr.
Tahu susu, ilustr.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tahu seperti yang kita ketahui, merupakan jenis bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.

Dilansir dari healthline.com, tahu santan memiliki banyak penggemar serta juga memiliki banyak variasi salah satunya yaitu tahu susu.

Tahu susu adalah produk susu yang diperoleh daru proses curdling susu dengan asam seperti lemon juice atau cuka dan kemudian menghilangkan bagian cairnya.

Baca Juga: Siap-siap Nggak Makan Tahu-Tempe, Pabrik Mogok Gara-gara Kedelai Mahal

Tahu susu adalah salah satu jenis tahu yang memiliki rasa yang gurih dengan tekstur tahu yang lembut. Yang menjadi ciri khas dari tahu susu adalah bahan yang dicampurkan saat pembuatan tahu.

Tahu susu terbuat dari campuran kacang kedelai, susu sapi murni, mentega, garam, kunyit, bawang putih, air dan biang tahu.

Dalam proses pembuatannya, kacang kedelai direndam selama 4 jam, dicuci dan digiling hingga lembut. Setelah itu direbus selama kurang lebih satu jam, kacang kedelai disaring dan dipisahkan ampasnya.

Baca Juga: Pemerintah Jamin Harga Tempe Tahu April Stabil, Meski Kedelai Dunia Makin Mahal

Setelah itu barulah ditambahkan susu murni, mentega, garam serta air biang tahu kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dipress.

Nah perlu Anda ketahui, tahu susu ini tinggi protein dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini juga menyediakan lemak, karbohidrat, dan berbagai macam vitamin dan mineral.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X