Dear Mama Muda, Ini 9 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

- Senin, 3 Agustus 2020 | 22:06 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membangun persediaan ASI yang sehat. Selain makanan, teknik menyusui yang benar juga berperan penting dalam suplai ASI Bunda.

Beberapa tips cara memperbanyak ASI bisa dilakukan setelah melahirkan hingga jelang dua tahun. Hal ini sangat penting dijalankan terutama pada masa empat sampai enam minggu pertama menyusui demi keberhasilan ASI eksklusif.

Saat ini ASI juga bisa dikeluarkan dengan cara dipompa sehingga ibu bisa dengan leluasa memberikan ASI pada si kecil tanpa perlu membatasi aktifitas. Namun memompa juga perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Berikut ini beberapa cara memperbanyak ASI secara alami yang perlu dilakukan Bunda:

1. Evaluasi Pelekatan Bayi

Cara yang pertama adalah memastikan bayi pelekatannya optimal ke payudara Bunda. Meskipun butuh kesabaran, perlekatan menjadi kunci utama anak dapat menyusu dengan baik. Hal ini juga dapat merangsang tubuh Bunda untuk mengeluarkan lebih banyak ASI. Jika belum menemukan pelekatan yang tepat, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter laktasi setempat.

2. Terus Lanjutkan Menyusui

Tubuh Bunda membuat ASI berdasarkan hukum penawaran dan permintaan. Tingkatkan permintaan dan pasokan ASI akan berlimpah. Selama bayi menempel pada payudara dan menyedot ASI dengan baik tentu persediaan ASI pun akan lebih banyak.

Dikutip dalam Very Well Family, dalam beberapa minggu pertama setelah bayi lahir, sebaiknya terus disusui setiap dua jam atau tiga jam. Jika lebih dari 3,5 jam sebaiknya bangunkan bayi untuk menyusu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

Terpopuler

X