Sedap Rasanya, Pertumbuhan Kosumsi Kopi Indonesia Terbesar di Dunia

- Senin, 17 Januari 2022 | 23:11 WIB
Kopi. Ilustrasi  (facebook)
Kopi. Ilustrasi (facebook)

HARIANHALUAN.COM - Indonesia memiliki modal pertumbuhan pasar kopi terbesar dunia. Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, bahwa pihaknya ingin membuat ekosistem kopi Indonesia agar bisa bersaing dengan dunia.

Baca Juga: Tersangka Pencabulan Mahasiswi, Kejati Riau Tahan Syafri Harto

"Kalau kami lihat dalam konteks pasar kopi dunia, Indonesia ini nomor empat. Tetapi yang menarik sebenarnya kalau kami lihat pertumbuhan konsumsi kopi Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia, sampai 45 persen bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang hanya 26 persen," katanya dalam Dialog Kopi Tanah Air yang digelar DPP PDI Perjuangan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, seperti diikuti RRI.co.id, Senin (17/1/2022).

Meski demikian, Erick melihat, kopi Indonesia belum mendapat proses sempurna dari petani sehingga kalah saing dengan produk dari luar negeri.

Banyak biji kopi dalam posisi hancur dan petani tidak mendapatkan pendampingan.

"Ekosistem, kita harus dibangun. Kalau kita bisa meningkatkan konsumsi kopi yang harganya bagus di Indonesia, apalagi dengan banyaknya coffee shop di Indonesia, akan meningkatkan persaingan kita di dunia," ujarnya.

Erick juga menyampaikan, terima kasih atas perhatian PDI Perjuangan terhadap isu kopi di Indonesia.

Erick juga memandang, seluruh menteri dari PDI Perjuangan mudah diajak bekerjasama, bukan hanya menyangkut isu kopi, tetapi agenda pemerintah lainnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, industri kopi merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: RRI

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X