Bacaan Niat dan Doa Setelah Salat Hajat serta Waktu Pelaksanaannya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 12:56 WIB
Ilustrasi salat hajat
Ilustrasi salat hajat

Baik doa dalam keadaan terdesak maupun semata-mata kewajiban, Allah Swt. pastilah akan memperhatikan ibadah seseorang yang penuh keikhlasan. Itu pun tersirat dalam sabda Rasulullah Saw. yang berarti bahwa “Doa itu ialah senjata orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit dan bumi.” (HR. Al Hakim No: 1218)

Sementara, salat hajat adalah salat sunah yang sedikitnya 2 rakaat, yang dikerjakan pada siang atau malam hari untuk memohon suatu hajat yang khusus kepada Allah Swt. agar Allah mengabulkannya. Singkatnya, salat hajat yang hukumnya sunah ini memiliki keutamaan; berasa tenang setelah beban tersampaikan kepada Allah Swt., lebih ikhlas menerima ketentuan-Nya, serta yakin pada takdir dan terkabulnya permohonan.

Seorang muslim yang mengharapkan petunjuk atas keinginannya di dunia, dapat melaksanakan salat hajat kepada Allah Swt. Itu pun sama halnya dengan memohon kebaikan dan menolak keburukan yang kemungkinan terjadi pada diri sendiri. Dalam surat Ghafir ayat 60, Allah Swt. berfirman:

Surat Ghafir Ayat 60

Artinya: Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya aku perkenankan doa permohonanmu.

Sebagai makhluk hidup yang tidak tahu mengenai jodoh, rezeki, maupun mautnya, umat muslim masih dapat mengubah takdirnya sendiri dengan ridho Allah Swt, yaitu salah satunya dengan salat hajat 2 rakaat. Itu pun tertuang dalam surat Ar Ra’d ayat 11:

Surat Ar Ra'd Ayat 11

Artinya: Sesungguhnya Allah Swt. tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan, apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Maka dari itu, sudah sepantasnya umat muslim senantiasa berdoa dan berusaha mencapai setiap keinginannya agar dikabulkan Allah Swt. Dengan salat hajat, umat muslim pun berharap akan keridhoan Allah Swt. dan terwujudnya keinginan yang baik tersebut.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X