Salat Hajat Lengkap: Niat, Doa Setelahnya, Tata Cara dan Waktu Pengerjaan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 14:34 WIB
Ilustrasi persiapan salat hajat
Ilustrasi persiapan salat hajat

Umumnya, salat hajat dikerjakan sebanyak 2 rakaat yang dimulai dengan niat dan diakhiri doa khusus. Namun, salat hajat juga dapat dijalankan semampunya hingga 12 rakaat dengan 6 kali salam.

Dalam salat hajat, terdapat doa iftitah yang hukumnya sunah hai’ah. Ketika itu, salat hajat tetap sah meski doa tersebut ditinggalkan. Namun jika dibaca pun seorang muslim yang mengamalkannya akan memperoleh pahala. Sementara, surat Al Fatihah merupakan bagian dari rukun salat sehingga harus dibaca dalam salat.

Hajat dapat dipanjatkan ketika sujud akhir dalam salat. Namun setelah salam pun, seorang muslim dapat berdoa tentang hajat yang diinginkan. Banyak pendapat mengenai bacaan dan tata cara salat hajat, tapi kaidah atau rukun salat hajat itu tetaplah sama sebagaimana salat-salat sunah lainnya. Setelah membaca surat Al Fatihah, surat pendek seperti surat Al Kafirun pun dapat dibaca dalam salat hajat

Seorang muslim yang mengharapkan petunjuk atas keinginannya di dunia, dapat melaksanakan salat hajat kepada Allah Swt. Itu pun sama halnya dengan memohon kebaikan dan menolak keburukan yang kemungkinan terjadi pada diri sendiri. Dalam surat Ghafir ayat 60, Allah Swt. berfirman:

Surat Ghafir Ayat 60

Artinya: Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya aku perkenankan doa permohonanmu.

Sebagai makhluk hidup yang tidak tahu mengenai jodoh, rezeki, maupun mautnya, umat muslim masih dapat mengubah takdirnya sendiri dengan ridho Allah Swt, yaitu salah satunya dengan salat hajat 2 rakaat. Itu pun tertuang dalam surat Ar Ra’d ayat 11:

Surat Ar Ra'd Ayat 11

Artinya: Sesungguhnya Allah Swt. tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan, apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X