Awali Tahun 2022 dengan Decluttering, Yuk Lakukan 5 Tips Praktis Ini!

- Selasa, 18 Januari 2022 | 19:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -Sepanjang tahun 2021, kita menghabiskan waktu paling banyak di rumah, mulai dari work from home, school from home, hingga kebiasaan berbelanja online yang membuat rumah menjadi terasa penuh. Oleh karena itu, penting lho untuk kamu memiliki ruang agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan leluasa.

Memasuki minggu kedua di tahun 2022, pastinya banyak dari kita sudah menyusun resolusi-resolusi yang akan dijalankan sepanjang tahun ini. Salah satu resolusinya adalah memiliki rumah bersih, rapi dan ruang yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut adalah decluttering!.

Baca Juga: IKEA dan ROG Hadirkan Lini Furniture Gaming dengan Performa Handal

Tahukah kamu bahwa decluttering membawa segudang manfaat, seperti memungkinkan kamu untuk menemukan ruangan yang sebelumnya tidak pernah kamu duga pernah ada karena dipenuhi barang-barang tidak digunakan. Selain itu, kegiatan decluttering juga berguna untuk menciptakan ruang baru yang dapat menunjang rutinitas dan hobi baru kamu.  

Kegiatan decluttering bukan hanya sekadar kegiatan bersih-bersih lho! Decluttering merupakan kegiatan menyortir barang-barang yang kamu miliki sehingga kamu bisa menyisihkan benda-benda yang tidak digunakan untuk membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi dan nyaman ditempati serta membuat kamu lebih mengerti barang apa saja yang berarti untuk disimpan. 

Baca Juga: IKEA Ajak Masyarakat Jadi Generasi Peduli Lingkungan dan Budaya

Melakukan decluttering untuk pertama kalinya bisa saja membuat kamu bingung mau memulai dari mana dan sering kali kita merasa terintimidasi duluan dengan jumlah barang yang begitu banyak. Yuk, simak beberapa tips praktis dari IKEA yang bisa membantu kamu memulai kegiatan decluttering!

  1. Mulai dari satu area terlebih dahulu 

Tantangan yang sering kita temui ketika ingin melakukan decluttering adalah bingung harus mulai dari mana. Bahkan situasi ini sering kali mengganggu kesehatan mental penghuni rumah. Tahukah kamu, menurut Sophie Scott, seorang ahli saraf kognitif di University College London, merapikan rumah akan membantu kita untuk meningkatkan hormon neurotransmitter dopamin, yang dikenal sebagai brain’s pleasure chemical yang membuat kita menjadi senang dan meningkatkan mood lho! Oleh karena itu, decluttering adalah salah satu solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan mental kamu. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X