Enggak Nyaman Pakai Masker? Coba Atasi dengan Sejumlah Trik Berikut

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 11:03 WIB

HARIANHALUAN.COM - Mengikuti pedoman kesehatan dan keamanan untuk mencegah penularan Covid-19 memang sangat penting. Hanya, sederet kebiasaan yang sekarang jadi keharusan itu bisa memicu sejumlah ketidaknyamanan.

Salah satunya adalah kemunculan "maskne", jerawat akibat terlalu sering memakai masker wajah. Samer Jaber, dermatolog dari Washington Square Dermatology di New York, Amerika Serikat, menjelaskan proses terjadinya.

"Ketika mengenakan masker, tercipta lingkungan yang lembap dan pengap karena napas terperangkap. Bercampur dengan minyak kulit dan keringat, ini menyebabkan iritasi, ruam, dan jerawat," kata Jaber, dikutip dari laman Fox News, Jumat (21/8).

Masker yang bergesekan dengan kulit wajah dalam jangka waktu lama juga memperburuk kondisi wajah seseorang yang mengalami eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mencegah itu, Jaber menyarankan cuci muka dua kali sehari.

Pilih pembersih apapun yang cocok dengan jenis kulit, kemudian aplikasikan pelembap pada area di mana masker biasa mengiritasi wajah. Jika kondisi kulit memburuk, Jaber menyarankan untuk tidak memakai riasan apapun.

Beberapa pengobatan yang dapat dicoba untuk kulit sensitif yang berjerawat yakni pemakaian benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam glikolat. Krim hidrokortison juga mampu mengurangi peradangan pada area yang teriritasi.

"Sangat penting mengeringkan masker setelah setiap kali pemakaian dan mencucinya secara teratur supaya menghilangkan minyak dan keringat yang terperangkap pada permukaannya," ungkap Jaber.

Masalah umum lain yang kerap dihadapi selama pandemi adalah kulit tangan yang kering, iritasi, atau pecah-pecah. Ini bisa terjadi akibat terlalu sering mencuci tangan dengan sabun ditambah memakai cairan sanitasi.

Jaber menganjurkan beralih ke sabun tangan bebas pewangi, yang biasanya mengandung lebih sedikit bahan iritan. Rekomendasi lain, membawa pelembap tangan berbentuk krim atau salep, dengan tekstur yang lebih kental.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Melihat dan Mendengar Buya Guzrizal Gazahar

Jumat, 23 Juli 2021 | 22:18 WIB

Tiga Langkah Mewaspadai Kecelakaan Mobil

Rabu, 21 Juli 2021 | 23:34 WIB

Bahaya Banget! Ini Risiko Memakai Lampu Neon

Minggu, 18 Juli 2021 | 21:26 WIB
X