Tips Bagi Generasi Muda Raih Hidup Sukses, Bahagia dan Bermakna

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:45 WIB
Supaya Berhasil, Inilah 5 Cara Menjadi Orang Sukses (Photo by Gerd Altmann from Pexels)
Supaya Berhasil, Inilah 5 Cara Menjadi Orang Sukses (Photo by Gerd Altmann from Pexels)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setelah dua tahun berada di dalam era pandemi, kesehatan mental menjadi hal yang semakin diperhatikan. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2021, Indeks Kebahagiaan Masyarakat Indonesia adalah 71,49% yang berarti naik 0,80% dibanding tahun 2017.

Hal ini diukur melalui tiga dimensi yaitu; kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia) serta menunjukkan bahwa kondisi kebahagiaan Indonesia cukup baik walaupun dalam kondisi pandemi.

Baca Juga: Tenaga Kependidikan dan Staf Sekolah Sampoerna Academy BSD Disuntik Vaksin Booster

Tiga dimensi tersebut yang berupa kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup menjadi ukuran dalam menentukan kebahagiaan seseorang. Fellexandro Ruby seorang Content Creator yang juga penulis dari buku motivasi “You do You” menjelaskan lebih dalam mengenai pengertian makna hidup dan bahagia.

“Kita sebagai manusia terkadang sadar bahwa hidup yang bermakna itu; tidak selalu menyenangkan, seringkali melihat jangka panjang, jarang memikirkan diri sendiri, dan sebagian besar selaras dengan nilai hidupnya. Karena sebagai manusia kita memiliki dua jenis makna hidup yaitu; makna hidup besar yang menunjukkan keyakinan dan makna hidup kecil merepresentasikan tujuan atau cita-cita. Makna kecil ini yang kemudian seringkali dikaitkan dengan kehidupan ideal,” jelasnya di webinar Bright Future Festival (BFF) yang diselenggarakan oleh Sampoerna University.

Baca Juga: Sampoerna University Penuhi Syarat Akreditasi NECHE

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan Affective Science, para peneliti meminta orang-orang dari sembilan negara untuk membuat jurnal secara bebas tentang kehidupan ideal mereka. Kemudian, para peneliti meminta mereka untuk menganalisa beberapa hal, seperti seberapa bahagia, bermakna, atau kaya secara psikologis? Kehidupan ideal yang mereka mimpikan cenderung sangat bahagia dan bermakna, tetapi juga cukup penuh peristiwa menarik dan mengejutkan.

Ketika orang dipaksa untuk memilih di antara tiga jenis kehidupan ideal, sebagian besar memilih kehidupan bahagia atau bermakna tetapi 7-17 % orang memilih kehidupan yang kaya secara psikologis.

“Oleh karena itu banyak orang yang mengungkapkan bahwa hidupnya terlihat berhasil, namun secara psikologis merasa hidupnya tidak bermakna,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X