Ilmuwan Klaim dari Retina Mata Bisa Prediksi Harapan Hidup Manusia

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:17 WIB
ilustrasi mata, indera penglihatan manusia (Pixabay/PublicDomainPictures)
ilustrasi mata, indera penglihatan manusia (Pixabay/PublicDomainPictures)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Retina menjadi ‘jendela’ yang unik dan dapat diakses untuk menilai penyebab dan efek penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan saraf yang terkait dengan peningkatan risiko kematian.

Hal itu diungkapkan dari Prof.Dr. Mingguang He yang merupakan profesor epidemiologi oftalmik di Universitas Melbourne dan Pusat Penelitian Mata di Australia.

Sebanyak 130.000 sampel penelitian diambil dari lebih dari 500.000 responden berusia antara 40 dan 69 tahun yang berpartisipasi dalam studi jangka panjang yang disponsori oleh pemerintah Inggris, UK BioBank.

Baca Juga: Gejala Kanker Otak! Perubahan Suasana Hati Hingga Gangguan Penglihatan

Studi yang sama juga menemukan bahwa ada peningkatan risiko kematian sebesar 2 persen untuk setiap tahun dari perbedaan usia sebenarnya dengan usia yang diidentifikasi melalui retina mata.

Sekelompok peneliti di Australia telah menciptakan program teknologi kecerdasan buatan (AI) baru yang bertujuan untuk memprediksi harapan hidup manusia hanya dengan memindai retina mata mereka.

Demikian dilapoirkan Wion News. Penelitian ini dipublikasikan di British Journal of Ophthalmology.

Baca Juga: Lakukan Peremajaan Miss V Melalui Operasi Plastik, Wanita Ini Buat Pengakuan Mengejutkan

Para ilmuwan mengklaim bahwa retina di mata manusia berfungsi sebagai ‘jendela’ yang memungkinkan mereka untuk melihat lebih dalam tentang keadaan kesehatan seseorang.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X