Terapkan Trik 'Hara Hachi Bu' Agar Mudah Turunkan Berat Badan, Apa Sih Itu?

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:55 WIB
Kegemukan  (Lingkar Madiun - Pikiran Rakyat)
Kegemukan (Lingkar Madiun - Pikiran Rakyat)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan bukanlah pekerjaan mudah. Banyak hal yang harus dilakukan secara konsisten dan bagi sebagian orang itu hampir mustahil.

Namun, ahli diet terdaftar Ronald Smith dari EatDrinkBinge.com. mengatakan ada banyak cara lain yang bisa dijalankan agar proses penurunan berat badan lebih mudah. Berikut beberapa tips yang dilansir dari eatthis.com.

1. Minum air putih

"[Minum air] baik untuk kulit dan metabolisme, dua hal yang mempengaruhi apakah Anda menurunkan berat badan atau tidak," kata Smith. "Juga, minum segelas air sebelum makan akan membantu Anda kenyang lebih cepat." Lebih baik lagi jika menambahkan lemon ke dalam air minum.

Baca Juga: Kenapa Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Cek Alasannya di Sini


2. Berlatih “hara hachi bu”

"Hara hachi bu adalah praktik makan hingga hanya 80 persen dari rasa kenyang," jelas Bill Bradley, pakar diet dan penulis Foods of Crete, Traditional Recipes from the Healthiest People in the World (bersama dengan Koula Barydakis). Dia mengaku kehilangan 50 pon atau sekitar 22,6 kilogram dengan kebiasaan ini.

"Kebiasaan saya adalah merasa sedikit lapar sepanjang hari, hanya rasa lapar yang sangat sedikit. Ini meningkatkan energi saya dan membuat saya merasa yakin bahwa saya melakukan hal yang benar untuk menurunkan berat badan. Saya piker itu akan menjadi kebiasaan yang sulit, tapi ternyata salah satu yang paling mudah. Kuncinya di sini bukan menghitung kalori, tapi punya kebiasaan untuk tidak makan berlebihan,” lanjut dia.

3. Sarapan dua jam setelah bangun tidur

“Jika Anda menunggu terlalu lama di pagi hari (untuk sarapan), tubuh akan masuk ke mode kelaparan dan menyimpan kalori ekstra sebagai lemak alih-alih membakarnya untuk energi," kata Smith.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X