Mana yang Ampuh Tangkal Omicron, Masker N95 Vs KN95 dan KF94?

- Minggu, 23 Januari 2022 | 21:45 WIB
Ilustrasi masker N95 (Pexels/CDC)
Ilustrasi masker N95 (Pexels/CDC)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - memang menjadi perlengkapan yang harus digunakan ketika kita berada di area publik atau tempat umum. Pasalnya, masker akan sangat membantu mencegah persebaran virus Covid-19, ketika kita tidak bisa menjaga jarak di tempat umum.

Tapi, masker yang kita gunakan memang tidak boleh sembarangan. Seperti masker kain yang memang praktis, tapi tidak bisa melindungi secara maksimal dari Covid-19, terutama varian Omicron.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Dijadwalkan akan Menerima Booster, Harus Tetap Wajib Pakai Masker?

Oleh karena itu, penggunaan masker dengan filtasi ketat seperti respirator N95 dan KN95 sangat dianjurkan. Respirator N95 dan KN95 serupa dengan efisiensi filtrasi sama-sama 95 persen. Perbedaan utama antara keduanya yakni negara atau organisasi mana yang mensertifikasi standar kualitas masker.

N95 bersertifikat NIOSH, sedangkan KN95 menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) diproduksi di China dan memenuhi standar khusus untuk China. Sementara KF94 dengan bentuk berbeda dibandingkan dengan N95 dan KN95 diproduksi di Korea Selatan dan memenuhi persyaratan standar Korea.

Baca Juga: Ampuhkah Pakai Masker Dobel Cegah Varian Omicron?

Namun, beberapa orang mungkin lebih memilih KN95 dan KF94 untuk penggunaan sehari-hari di lingkungan non-medis. Sementara N95 dapat terasa membatasi bagi sebagian orang karena konstruksi lapisan pelindungnya.

Oleh karena itu, KN95 atau KF94 dikatakan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak nyaman memakai N95 untuk jangka waktu yang lama.

"Saya baru-baru ini meningkatkan penggunaan lebih banyak KN95 untuk pengaturan publik dalam ruangan," kata Dr. Sabrina Assoumou, dokter penyakit menular di Boston Medical Center, seperti dikutip Antara dari USA Today melalui Okezone.com, Minggu (23/1/2022).

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X