Berapa Batas Konsumsi Karbohidrat per Hari untuk Diet?

- Senin, 24 Januari 2022 | 12:30 WIB
Diet Golongan Darah O
Diet Golongan Darah O

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Diet rendah karbohidrat terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut studi, membatasi jumlah karbohidrat harian dapat mengurangi nafsu makan seseorang.

Pasalnya, diet rendah karbohidrat ini memungkinkan orang untuk makan sampai kenyang dan merasa puas, namun tetap bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga: Dokter Ungkap Ibu Hamil Boleh Jalankan Diet, Tapi Ada Ketentuan dan Fasenya

Sebenarnya, berapa jumlah karbohidrat yang bisa dikonsumsi setiap harinya untuk menurunkan berat badan?

Melansir daru Healthline melalui Kompas.com, Senin (24/1/2022), hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jumlah karbohidrat untuk menurunkan berat badan bergantung pada usia, jenis kelamin, tipe tubuh, dan tingkat aktivitas fisik.

Baca Juga: Tips Diet Ala Artis K-pop, Bisa Turun Sampai 10 Kg dalam Seminggu

Selain itu, diet rendah karbohidrat juga bergantung pada tujuan menurunkan berat badan, beberapa orang mungkin mengurangi asupan karbohidrat harian sekitar 50 sampai 150 gram per hari.

Karbohidrat diketahui menyumbang 45 sampai 65 persen dari total asupan kalori harian bagi semua kelompok usia dan jenis kelamin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyebutkan, bahwa seseorang membutuhkan 300 gram karbohidrat untuk asupan 2.000 kalori per hari.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X