Biji Pepaya Baik Dikonsumsi, Lindungi Fungsi Ginjal dan Sebagai Kontrasepsi Alami

- Senin, 24 Januari 2022 | 15:41 WIB
Biji pepaya campur madu khasiatnya dahsyat, bikin terbelalak. (genpi.co)
Biji pepaya campur madu khasiatnya dahsyat, bikin terbelalak. (genpi.co)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ternyata biji dari buah pepaya juga baik untuk dikonsumsi dan mampu untuk melindungi fungsi ginjal sampai mengurangi risiko kanker.

Bahkan biji pepaya juga mampu untuk menghilangkan uban. Berikut 7 manfaat mengkonsumsi biji pepaya dilansir dari berbagai sumber:

1. Melindungi fungsi ginjal

Baca Juga: Gejala Kanker Prostat, Sulit Ereksi Hingga Nyeri Badan

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Uniknya, ternyata biji buah pepaya diyakini mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diujicobakan pada tikus. Menurut penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences ini, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat paracetamol.

Hasil penelitian ini turut didukung oleh penelitian lain dalam Journal Molecules, yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatannya.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di sisi lain, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (susah buang air besar).

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com, hallosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X