6 Fakta Sejarah Valentine 2022 yang Belum Kamu Ketahui

- Senin, 24 Januari 2022 | 18:21 WIB
Ilustrasi Hari Valentine 2022
Ilustrasi Hari Valentine 2022

Hari Valentine umumnya dirayakan tiap tanggal 14 Februari dengan memberikan kartu ucapan ataupun hadiah kepada orang terkasih. Bahkan, Hari Valentine begitu populer di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Argentina, Prancis, Meksiko, Korea Selatan, dan bahkan Filipina.

Sejarah Valentine sendiri tidak begitu jelas asal mulanya. Namun, ada pula pernyataan bahwa Hari Valentine berawal dari festival Romawi Lupercalia yang diadakan pada pertengahan Februari. Hari Valentine pun dirayakan tidak sebagai hari romantis hingga hal itu berubah pada abad ke-14.

Pada tahun 1800-an, kartu Valentine mulai dikomersialkan pertama kali di Amerika Serikat. Kartu ucapan tersebut menjadi penyambung tali kasih sayang baik pasangan kekasih, kerabat, maupun sahabat. Dalam kartu tersebut, terdapat gambar Cupid, sepasang burung, dan ornamen unik yang mencerminkan cinta pada Hari Valentine 2022.

Meski begitu, terdapat fakta mengenai Hari Valentine 2022 yang perlu kamu ketahui:

St. Valentine yang menginspirasi Hari Valentine adalah dua orang berbeda

Secara resmi diakui oleh Gereja Katolik Roma, St. Valentine dikenal sebagai orang sungguhan yang meninggal sekitar tahun 270 M. Namun, identitas aslinya dipertanyakan sejak tahun 496 M oleh Paus Gelasius I, yang menyebut martir dan tindakannya sebagai “hanya diketahui oleh Tuhan.” Satu sumber dari tahun 1400-an menggambarkan Valentine sebagai pendeta kuil yang dipenggal kepalanya di dekat Roma oleh kaisar Claudius II, karena membantu pasangan Kristen menikah.

Sebuah catatan yang berbeda pun mengklaim bahwa Valentine adalah Uskup Terni, yang juga menjadi martir oleh Claudius II di pinggiran Roma. Karena kesamaan sumber ini, diperkirakan mereka juga merujuk pada orang yang sama.

Kebingungan cukup menyelimuti identitas sejati St. Valentine, sehingga Gereja Katolik menghentikan pemujaan liturgi kepadanya pada 1969, meskipun namanya tetap ada dalam daftar orang-orang kudus yang diakui secara resmi.

Ada sekitar selusin St. Valentine, ditambah seorang paus

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X