Berhenti Konsumsi Daging, Ini yang akan Terjadi pada Tubuh Anda

Administrator
- Minggu, 27 September 2020 | 09:38 WIB

HARIANHALUAN.COM - Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, konsumsi daging yang berlebih dapat memberikan dampak sebaliknya. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk membatasi dan bahkan berhenti mengonsumsi daging.

Vegetarian dan vegan merupakan contoh pengaturan pola makan atau diet tanpa konsumsi daging. Kedua pola makan ini tak hanya populer tetapi juga diyakini membawa beragam manfaat bagi kesehatan bila diterapkan dengan benar.

Akan tetapi, diet tanpa daging juga memiliki beberapa kekurangan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin terjadi ketika seseorang berhenti mengonsumsi daging, seperti dilansir Independent, Sabtu (26/9).

Berat Badan Turun
Studi yang dilakukan peneliti George Washington University School of Medicine mengungkapkan bahwa diet vegetarian dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics ini, partisipan rata-rata berhasil menurunkan berat badan sebanyak 10 pon atau sekitar 4,5 kilogram setelah beralih ke diet vegetarian. Berat badan tersebut turun meski partisipan tidak memantau asupan kalori atau meningkatkan olahraga.

"Diet berbasis tanaman dapat menolong Anda untuk menurunkan berat badan tanpa menghitung aklori atau meningkatkan rutinitas olahraga Anda," jelas ketua tim peneliti Neal Barnard MD.

Bakteri Usus Berubah
Perkataan "Kamu adalah apa yang kamu makan" mungkin ada benarnya. Pola makan dapat mempengaruhi sistem pencernaan secara signifikan.

Studi pada 2014 berhasil mengungkap perbedaan bakteri usus pada orang-orang yang mengonsumsi daging, menerapkan diet vegan, dan diet vegetarian. Perbedaan yang paling terlihat adalah bakteri usus pada orang-orang yang mengonsumsi daging dengan orang-orang yang menerapkan diet vegan. Orang-orang yang menerapkan diet vegan memiliki spesies bakteri usus yang lebih protektif.

Dapat Kekurangan Nutrisi
Diet vegetarian atau vegan yang seimbang dapat memberikan asupan gizi yang cukup. Akan tetapi, orang-orang yang menerapkan diet vegetarian atau vegan akan lebih sulit untuk mendapatkan asupan zat besi, vitamin D, dan vitamin B12 menurut NHS. Sehingga ada risiko bagi mereka untuk mengalami defisiensi zat-zat gizi tersebut.

Untuk mencegahnya, NHS merekomendasikan orang-orang yang menerapkan diet vegetarian atau vegan untuk mengonsumsi banyak kacang-kacangan, seperti polong dan lentil, kacang tanah, buah-buahan, sayuran berwarna hijau tua, gandum utuh, serta sereal dengan fortifikasi zat besi.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

7 Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ucapan 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:29 WIB

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB
X