Hidup Tanpa Kafein Dapat Kurangi Rasa Cemas, Ganti Minuman Kopi Anda dengan Ini

- Rabu, 26 Januari 2022 | 06:18 WIB
Minuman kopi  (Pixabay/cocoparisienne)
Minuman kopi (Pixabay/cocoparisienne)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kafein dikenal memberikan sentakan energi dan perhatian terfokus. Ada juga manfaat lain, tergantung dari sumbernya. Misalnya, kopi dan teh berkafein keduanya tinggi antioksidan, yang bermanfaat bagi otak dan jantung.

Tetapi jika Anda mengandalkan kafein untuk menjalani hari atau itu berdampak negatif pada tidur Anda, ada baiknya mempertimbangkan untuk menguranginya, setidaknya untuk menghentikan kebiasaan mengandalkannya.

Manfaat lain untuk mengurangi asupan kafein Anda—bahkan untuk waktu yang singkat—adalah mempelajari dengan tepat bagaimana jumlah dan sumber yang berbeda memengaruhi suasana hati dan energi Anda.

Baca Juga: Kenapa Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Cek Alasannya di Sini

Misalnya, Anda mungkin baru menyadari bahwa rasa gelisah dan cemas Anda berkurang saat minum teh hijau di pagi hari daripada minum kopi.

Tidak harus bergantung pada kafein untuk menjalani hari jelas merupakan perubahan yang bermanfaat, tetapi ada beberapa cara memutuskan hubungan dengan kafein dapat memengaruhi suasana hati, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika Anda terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi (atau tiga) dan berhenti meminumnya, ahli saraf, Caroline Leaf mengatakan wajar jika Anda merasa rewel dan lelah.

"Kafein adalah stimulan, jadi melepaskannya akan melibatkan beberapa tingkat penarikan, yang akan terlihat berbeda untuk orang yang berbeda," katanya, seperti dilansir dari laman Well and Good.

"Umumnya, dalam jangka pendek Anda mungkin mengalami lebih banyak perubahan suasana hati dan kelelahan karena otak Anda menyesuaikan diri dengan kekurangan kafein dalam sistem Anda."

Alih-alih memberikan kafein sepenuhnya, pertimbangkan untuk mengurangi (alias mengurangi jumlah kafein yang Anda minum secara perlahan) atau mengubah sumber kafein.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X