Apa Saja Warna Khas White Day, Balasan dari Hari Valentine? Simak Infonya.

- Rabu, 26 Januari 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi hadiah White Day, balasan Hari Valentine
Ilustrasi hadiah White Day, balasan Hari Valentine

Pada White Day, pria akan mengembalikan hadiah yang diberikan si wanita ketika Hari Valentine sebelumnya. Warna putih pun menjadi simbol utama White Day, sebab dianggap sebagai warna yang murni, tulus, serta manis karena merupakan warna gula. Bahkan, White Day atau Hari Putih memiliki nama lain, yaitu Answer Love on White Day atau Marsmallow Day.

Berawal dari ide pemilik toko permen bernama Ishimura Manseido, di wilayah Fukuoka, yang sedang mencari inspirasi untuk karya permennya. Pada 1977, ia kemudian tertarik pada tulisan surat pembaca dalam sebuah majalah, “Tidak adil apabila pria mendapatkan cokelat dari wanita di Hari Valentine, tapi mereka malah tidak membalas budi. Mengapa mereka tidak memberi kita sesuatu? Saputangan, permen, atau bahkan marshmallow…”.

Ishimura pun berpikir bahwa para wanita akan senang menerima hadiah balasan, meski itu marshmallow sebagai imbalan atas Hari Valentine. Kemudian, hadiah tersebut dapat dibagikan pada hari khusus bagi pria, atau White Day, sehingga mereka juga dapat mengungkapkan rasa terima kasih?

Ishimura akhirnya membuat permen baru untuk mengekspresikan perasaan White Day, yang terbuat dari pasta marshmallow dengan isian cokelat. Menurut Ishimura, permen marshmallow tersebut dapat berarti, “Aku ingin mengambil cokelat yang aku terima darimu, dan membungkusnya dengan hati putihku.”

Beberapa waktu kemudian, perusahaan permen dan cokelat lainnya mulai menjual cokelat putih. Kini, selain cokelat putih, marshmallow, atau permen, para pria juga akan memberikan hadiah perhiasan atau barang berharga lainnya. Bahkan, pria di Jepang memiliki sebuah tradisi bahwa mereka harus memberikan si wanita hadiah balasan tiga kali lipat dari hadiah yang diterimanya pada Valentine Day.

Apabila seorang pria mendapatkan hadiah mahal pada Hari Valentine, sesuai tradisinya, pria tersebut harus memberikan hadiah seharga tiga kali lipat lebih mahal ketimbang hadiah yang diterimanya.

Meski seorang pria mendapatkan hadiah cokelat yang bermakna sekadar rasa terima kasih, pria itu tetap harus membalasnya dengan hadiah bernilai tiga kali lipat lebih mahal. Sementara, apabila pria mendapatkan hadiah setara dengan rasa kasih sayang karena tidak semua mendapatkannya, pria itu dapat membalasnya dengan ajakan kencan atau tindakan keakraban yang lebih.

Dengan tradisi tersebut, para pria diharapkan memberikan balasan hadiah senilai tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang hadiah yang diterimanya pada Hari Valentine. Jika pria itu membalasnya dengan nilai yang lebih rendah, itu sama saja dengan merusak hubungan di antara pria dan wanita tersebut. Apalagi satu bulan penuh dapat digunakan untuk memikirkan hadiah yang pas karena White Day jatuh pada tiap 14 Maret.

Sementara, Valentine Day merupakan hari yang berharga bagi sebagian besar pasangan kekasih, yang identik dengan cinta dan kasih sayang. Perayaan Hari Valentine pun ditetapkan tiap tanggal 14 Februari, dengan saling mengungkapkan tanda cinta kepada pasangannya. Umumnya, seseorang akan memberikan hadiah warna khas pink atau merah muda.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X