Begini Cara Mendapatkan Gaji dari YouTube

- Rabu, 26 Januari 2022 | 18:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Banyak masyarakat Indonesia kini tengah berbondong-bondong meraup cuan dari YouTube. Platform ini menjadi salah satu jalan mengubah nasib. Ketekunan dan konten yang menarik menjadi kunci sukses menghasilkan pundi-pundi rupiah dari platform ini.

Semua orang tentunya menginginkan uang yang banyak. YouTube menjadi salah satu jalan keluar. Tetapi benarkah gaji youtuber, sebutan pelaku konten kreator YouTube, sangat besar? Merdeka.com kali ini membahas berapa penghasilan youtuber dan cara mendapatkannya.

Baca Juga: Genius Umar : Pajak Salah Satu Cara Negara untuk Membiayai Pembangunan

Besaran Gaji YouTube Pemula

Penghasilan YouTube sangat tergantung pada jumlah klik iklan yang muncul, lokasi negara, topik yang dibahas serta harga iklan yang tayang. Hal ini yang membuat gaji youtuber berbeda-beda karena ada banyak hal mempengaruhi.

Rata-rata gaji youtuber pemula bisa mencapai USD 18 atau sekitar Rp245.000 untuk 1.000 tayangan video. Nominal tersebut tentu bukan angka pasti, sebab setiap YouTuber memiliki penghasilan yang berbeda.

Perhitungan gaji youtuber menggunakan rumus Revenue per Impression (RPM) dan cost per click (CPC). RPM adalah pendapatan uang yang akan didapat setiap 1.000 penayangan iklan yang muncul di video YouTube tersebut. Nominal RPM yang akan diterima youtuber yaitu Rp7.000 per tayangan iklan.

Baca Juga: Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan Bencana korban Gunung Semeru kepada Bupati Lumajang

Kemudian, CPC ini akan diperoleh dari orang yang klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC untuk satu kali klik yaitu Rp5.000 hingga Rp12.000.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X