White Day: 6 Fakta Hari Balasan Valentine Day yang Belum Diketahui Banyak Orang

- Kamis, 27 Januari 2022 | 06:25 WIB
Ilustrasi perayaan White Day, balasan dari Hari Valentine
Ilustrasi perayaan White Day, balasan dari Hari Valentine

Masih banyak yang menganggap bahwa White Day adalah Hari Valentine di beberapa negara, terutama Jepang. Namun, sebenarnya White Day merupakan pembalasan dari momen Hari Valentine dari penerima hadiah kepada pemberinya.

Banyak yang membedakannya dari Valentine Day. White Day juga berawal bukan dari pengorbanan seseorang, seperti yang dikisahkan untuk Hari Valentine. White Day dijadikan hari spesial bermula dari ide komersial salah satu toko di Jepang untuk produk barunya. Kini ide bernama Marsmallow Day itu telah mendunia dan menyebarkan rasa kasih sayang balasan dari pria kepada wanitanya.

Valentine 2022 ini mungkin juga memberi dampak pada hadirnya White Day, sebab pandemi yang belum berakhir menjadi alasan utama menjaga jarak demi menerapkan protokol kesehatan. Dengan mengirimkan hadiah khusus yang bernilai lebih dari hadiah yang diterima, pria akan lebih mudah mengungkapkan perasaannya kepada wanita yang menyukainya itu.

Berikut ini fakta White Day yang perlu kamu ketahui:

1. Dirayakan tepat sebulan setelah Hari Valentine

Jika Valentine Day dikenal sebagai hari kasih sayang, dengan seseorang memberi hadiah kepada orang terkasih, White Day adalah ‘hari jawaban’ atau ‘hari balasan’ atas Valentine Day itu. White Day pun dirayakan setiap 14 Maret. Alasannya disebut White Day adalah warna putih dinilai menggambarkan kemurnian dan merupakan warna gula yang menjadi bahan baku permen. 

2. Dimulai di Jepang sebagai ‘balas budi’ pria kepada wanita yang memberinya hadiah

Berbeda dengan Hari Valentine yang berasal dari negara barat, White Day pertama kali dirayakan pada tahun 1978 di Jepang. Awalnya perayaan ini dibuat oleh sebuah toko permen bernama Ishimura Manseido.

Pada 1977, CEO eksekutif perusahaan toko yang bernama Zengo Ishimura, membaca majalah wanita untuk mencari inspirasi. Ia pun mendapatkannya dari tulisan yang menyatakan bahwa “tidak adil bagi wanita yang telah memberikan cokelat pada Hari Valentine kepada pria tapi mereka tidak mendapatkan hadiah balasan”.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X