Kerap Diabaikan, Ini Fungsi Dipstick yang Dicelupkan untuk Cek Oli Mesin

- Kamis, 27 Januari 2022 | 12:55 WIB
Ilustrasi oli gardan. (Federal Oil)
Ilustrasi oli gardan. (Federal Oil)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemilik kendaraan yang ragu untuk mengganti oli, bisa melihat kondisi pelumas mobil mereka melalui dipstick. Dipstick merupakan batang besi berbentuk pipih yang dicelupkan ke penyimpanan oli mesin.

Hal itu berfungsi untuk memantau level oli, termasuk kekentalan pelumas. Kepala Bengkel Auto2000 Indramayu, Jawa Barat, Dani Muhammad Sidik mengungkapkan bahwa terdapat waktu yang tepat untuk memantau oli melalui dipstick. Tidak perlu rutin setiap satu pekan atau sebulan sekali.

Baca Juga: Begini Tanda-tanda Jika Mobil Matik Kekurangan Oli Transmisi

"Pengcekan level oli perlu dilakukan minimal dua atau tiga bulan sekali untuk melihat kondisinya, sebab pada dasarnya pengecekan oli mesin tersebut memiliki peran penting yang tak bisa diremehkan," ungkap Dani Muhammad Sidik dikutip dari laman resmi Auto2000 melalui Okezone.com, Kamis (27/1/2022).

Dia juga melanjutkan bahwa pemilik mobil wajib dan rutin mengganti pelumas sesuai aturan yang berlaku. Sebagai bentuk perawatan, pemilik mobil juga dianjurkan untuk sesekali memeriksa kondisi oli.

Baca Juga: Ingat! Meski Jarang Dipakai, Oli Mesin Tetap Harus Diganti Lho

"Hal ini penting untuk memastikan volume oli pada mesin harus tetap terjaga secara ideal. Pengecekan ini perlu dilakukan minimal dua atau tiga bulan sekali, atau saat ditemukan tetesan oli saat mobil terparkir dan bau menyengat ketika perjalanan," kata Dani.

Jika ditemukan masalah tersebut, segeralah lakukan pergantian oli di bengkel resmi terdekat. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X