Bingung Cara Ganti Popok Anak yang Benar? Jangan Khawatir, Simak Langkah Berikut

- Jumat, 28 Januari 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengganti popok anak merupakan hal yang wajib dilakukan orang tua selama beberapa jam sekali, idealnya setiap 2-3 jam. Hal tersebut memiliki tantangannya sendiri terutama ketika pertama kali menjadi orang tua atau saat anak sedang aktif bergerak, namun tentunya tetap harus dilakukan, untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan si kecil. Mengganti popok sejatinya hal yang biasa kita lihat di keseharian, namun tidak sedikit orang-orang yang masih bingung langkah-langkah yang harus dilakukan saat mengganti popok bayi. Berikut panduan lengkap bagi ayah dan ibu dalam mengganti popok anak:

  1. Persiapkan barang-barang yang dibutuhkan sebelum mengganti popok bayi

Sebelum mengganti popok si kecil, jangan lupa persiapkan barang-barang seperti tisu basah, krim untuk ruam popok, baju ganti bila perlu, tempat yang bersih untuk mengganti popok, kantong untuk popok kotor, dan tentunya popok bayi yang baru. Selain itu, pastikan tangan ibu, ayah, atau yang akan menggantikan popok bayi sudah tercuci bersih.

Baca Juga: Popok Generasi Baru vs Konvensional, Apakah Bedanya?

  1. Bukalah popok bayi yang sudah terpakai dan kotor

Setelah meletakkan si kecil di alas yang bersih, bukalah perekat popok yang kotor secara perlahan agar perekat dan popok tidak sobek. Setelah itu, angkat bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah. Kemudian, angkatlah bokong anak dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan. Ambillah bagian depan popok, lipat hingga menutup bagian belakang yang kotor, serta buanglah ke kantong sampah yang sudah disediakan.

  1. Bersihkan kulit bayi sebelum memakaikan popok baru

Bersihkan alat kelamin, bokong, serta lipatan paha bayi dari kotoran maupun urine yang menempel dengan menggunakan tisu basah hingga bersih. Selain itu, pastikan agar ibu dan ayah membersihkan bokong bayi dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Pramugari di China Disarankan Pakai Popok Sekali Pakai agar Tak Terinfeksi Covid-19

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X