Cara Mudah Menghitung Kapasitas Mesin Kendaraan

- Jumat, 28 Januari 2022 | 23:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Cara menghitung kapasitas mesin kendaraan bisa dilakukan dengan rumus yang sederhana dan mudah. Tapi syaratnya harus diketahui dulu ukuran bore, stroke, dan jumlah silinder yang dimiliki mesin tersebut.

Mengetahui kapasitas mesin kendaraan sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit karena angkanya terpampang di mana-mana. Mulai dari lembar spesifikasi hingga STNK.
Bahkan terkadang pabrikan otomotif ikut mencantumkan kapasitas mesin sebuah produk pada namanya.

Hal semacam itu paling sering dijumpai pada dunia kendaraan roda dua. Contohnya, Yamaha NMax 155, Honda ADV 150, atau Kawasaki Ninja 250.

Mesti diakui, angka kapasitas mesin memiliki nilai jual tersendiri agar produk lebih menarik di mata konsumen. Makin besar angkanya akan dianggap makin bertenaga.

Baca Juga: Menyambut HUT ke-60, Bank Nagari Luncurkan Promo Loyalty Reward Bagi Pegawai dan Pensiunan


Di samping itu, angka-angka tersebut juga akan membuat suatu produk lebih mudah dikenali berdasarkan segmennya. Hal ini berlaku terutama untuk merek yang memiliki model beragam dengan nama mirip.

Misalnya Kawasaki Ninja di Indonesia yang hadir dengan opsi mesin 250 cc (Ninja 250), 636 cc (Ninja ZX-6R), atau 998 cc (Ninja ZX-10R).

Baca Juga: Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Siapkan Sejumlah Hal

Apa Itu Kapasitas Mesin Kendaraan?

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: carmudi.id

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X