Klenteng di Blora Gelar Ritual Sucikan Kiem Sin Jelang Imlek

- Minggu, 30 Januari 2022 | 03:05 WIB
Klenteng di Blora Gelar Tradisi Ayak Abu dan Penyucian Kiem Sin. (Foto: MNC) 
Klenteng di Blora Gelar Tradisi Ayak Abu dan Penyucian Kiem Sin. (Foto: MNC) 

BLORA, HARIANHALUAN.COM - Sepekan menjelang tahun baru Imlek 2573, Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menggelar tradisi ayak abu dan penyucian Kiem Sin (Patung Dewa Dewi). 

Ritual tahunan ini merupakan tradisi atau budaya menyambut tahun baru Imlek, yang jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022.

Tradisi itu dilaksanakan secara gotong royong dalam nuansa hari persaudaraan di lingkungan Klenteng setempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (29/1/2022).  

Baca Juga: Wisata Klenteng Tertua di Kota Padang, See Hin Kiong

Abu sisa dupa yang berada di Hio lo (tempat dupa) untuk sembahyang ini, terkumpul setiap tahun atau lebih kurang 142 tahun lalu. Sisa dupa ini tidak dibuang, namun diayak.

Yang halus dimasukkan lagi ke dalam Hio lo dan yang kasar dilarung di laut atau sungai yang mengalir. Ada juga yang dimanfaatkan untuk obat maupun untuk tolak balak, dengan cara disebarkan disekeliling rumah.

"Tidak pernah dibuang abu ini, setiap tahun dibersihkan dan dimasukkan kembali ke Hio lo untuk keperluan sembahyang umat," kata Ketua TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko.

Selain itu juga dilaksanakan penyucian Kiem Sin (Patung Dewa Dewi) yang ada di Klenteng Hok Tik Bio Blora. WNI keturunan Tionghoa penganut agama Konghucu mempercayai, seminggu sebelum tahun baru Imlek, Dewa Dewi dan Para Suci menghadap ke penguasa langit (Tuhan), dan turun lagi ke dunia pada hari keempat.

Budilistijo Suboko menyebutkan, memandikan rupang (patung) dilakukan setelah roh dewa-dewi diyakini pergi ke langit untuk melaporkan amal perbuatan manusia di bumi selama satu tahun. Rupang atau patung kemudian dimandikan dengan maksud menyiapkan kembali tempat yang bersih untuk para roh dewa-dewi ketika kembali turun ke bumi. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Celebrities.id

Tags

Terkini

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X