Anda Jerawatan? Jangan Pakai Bedak Compact, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Dermatologi

- Senin, 31 Januari 2022 | 12:55 WIB
kulit berjerawat (Pexels/anna nekrashevich)
kulit berjerawat (Pexels/anna nekrashevich)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - JERAWAT memang menjadi penyakit kulit yang paling banyak menyerang seseorang, tidak peduli pria atau wanita.

Selain menyebabkan rasa nyeri yang nyut-nyutan, jerawat juga bisa merusak penampilan. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk meyamarkannya dengan menggunakan bedak.

Tapi, pemilihan bedak yang salah malah semakin memperparah wajah Anda loh. Dokter spesialis dermatologi dan venerologi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Dr. dr. Irma Bernadette S. Sitohang, Sp. KK(K) menyarankan orang dengan kulit berjerawat menggunakan bedak tabur ketimbang compact.

Baca Juga: Mengenal Dermaroller, Perawatan untuk Mengatasi Bopeng Jerawat

“Untuk orang yang memiliki kulit berjerawat jangan menggunakan bedak compact. Bedak compact bisa menyebabkan kulit lebih berminyak dan merangsang pertumbuhan jerawat dan lebih baik yang menggunakan jenis bedak tabur," ungkap dia dalam siaran pers RSUI, seperti dilansir okezone.com.

Sementara untuk orang yang memiliki kondisi kulit normal, kosmetik yang ada di pasaran sudah melewati penelitian dan uji tes dan pada umumnya sehingga setiap individu bisa menggunakan produk tersebut.

“Tidak ada permasalahan untuk memilih skincare untuk orang yang memiliki kondisi kulit normal, bisa dari review pemakaian keluarga, teman dekat apabila ingin mencoba produk tersebut," kata dia.

Baca Juga: Manfaat Air Hangat untuk Kecantikan, Melembabkan sampai Meredakan Jerawat

Kemudian, untuk mereka dengan kondisi kulit mudah berjerawat, Irma mengingatkan agar lebih berhati-hati dan lebih spesifik dalam memilih produk perawatan kulit.

Orang yang sedang melakukan proses terapi acne sebaiknya menggunakan produk yang sudah disarankan oleh dokter, dan apabila ingin menggunakan jenis kosmetik tertentu harus dikonsultasikan ke dokter.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X