Jangan Hanya Ikut-ikutan, Berikut Cara Pilih Skincare yang Tepat Bagi Pemula

Administrator
- Selasa, 16 Februari 2021 | 01:27 WIB

HARIANHALUAN.COM - Memilih skincare yang cocok terkadang menjadi kesulitan bagi pemula. Terkadang, memakai skincare belum menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Sayangnya, masih banyak orang yang terkesan ikut-ikutan untuk menggunakan skincare. Sehingga tak sedikit memberikan efek yang buruk pada kulit.

Kali ini, terdapat beberapa cara sederhana memilih skincare yang cocok bagi kulit Anda. Jangan khawatir bagi Anda pemula, sesuaikan dengan kondisi kulit dan hasil yang didapatkan. Mau tahu apa saja tipsnya, berikut ulasannya:

  • Kenali jenis kulit

Apa jenis kulit Anda, ini yang paling penting diketahui sebelum membeli rangkaian skincare. Bagaimana caranya mengetahui jenis kulit? Bila keseluruhan wajah Anda cenderung mudah menjadi berminyak dan mengilap beberapa jam setelah membersihkan wajah, bahkan ketika memakai makeup, ini bisa jadi penanda Anda adalah pemilik wajah berminyak. Bila di pertengahan hari wajah Anda hanya berminyak di beberapa bagian seperti T-zone (dahi dan hidung) semenntara area lain (pipi) terasa normal/kering, ini tandanya Anda pemilik kulit kombinasi.

Bila keseluruhan wajah Anda jarang terliat berminyak, terlihat mengilap tetapi saat disentuh terasa kering dan sering merasa seperti ditarik, ini bisa jadi penanda jenis kulit kering. Bila keseluruhan wajah terasa biasa-biasa saja, tanpa rasa kering/minyak berlebih di siang hari (4-6 jam setelah mencuci muka) ini tandanya jenis kulit Anda normal.

  • Ketahui apa permasalahan kulit

Apakah kulit Anda berjerawat, tidak cerah/kusam, ada noda membandel di wajah, atau punya masalah penuaan (kerut, kendur, keriput). Ini adalah beberapa permasalahan yang bisa jadi pertimbangan tambahan dalam memilih produk skincare.

  • Tetapkan bujet

Yang tak kalah penting selanjutnya adalah dana/bujet yang Anda miliki. Skincareyang bagus tak perlu mahal, dan Anda pun bisa mencari skincareyang sesuai kebutuhan kulit da nisi kantung. Mau versi drugstore atau premium, yang penting sesuai kemampuan, ya.

  • Beli yang basic dulu

Anda tidak perlu 10 produk ala skincareKorea sebagai permulaan. Yang penting, coba mulai kebiasaan rutin memakai skincaresetiap harinya dulu, sambil mengetahui reaksi dan kebutuhan kulit Anda. Anda perlu pembersih: first cleanser (cleansing oil/balm/milkatau micellar water), second cleanser (facial wash/foam). Toner kemudian pelembab dan perlindungan (sunscreen).

  • Hindari bahan aktif

Kalau skincare mendasar saja belum dipahami dan belum rutin dipakai, jangan ikut-ikutan pakai bahan aktif yang keras dan bisa jadi iritan seperti acid (AHA, BHA, Retinoid, salicylic acid, Vitamin C). Coba belajar pakai skincare basicdulu, sambil baca-baca soal acid.

  • Dicoba langsung

Saya tidak bisa menyarankan Anda membeli pelembap A atau toner B, karena meskipun setiap skincarepunya peruntukkan yang bisa disesuaikan jenis kulit, masing-masing kulit tetaplah unik dan bisa bereaksi berbeda pada berbagai jenis dan merek skincare. Jadi, Anda sendiri yang harus mencoba dan merasakan efeknya pada kulit sendiri.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X