Dimsum, Makanan yang Dulu Hanya Bisa Dinikmati Raja Tiongkok kini Akrab di Lidah Masyarakat Indonesia

- Selasa, 1 Februari 2022 | 22:06 WIB
Makanan Khas Imlek Dimsum
Makanan Khas Imlek Dimsum

HARIANHALUAN.COM - DIMSUM mungkin menjadi salah satu makanan pendamping yang banyak digemari orang-orang. Konon memakan dimsum dengan teh akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Tentu saja banyak orang tidak menghiraukan informasi tersebut dan membuat dimsum tidak tertinggalkan sebagai salah satu makanan wajib pendamping teh.

Makanan pendamping ini awalnya hanya dapat dinikmati oleh raja di Tiongkok sejak tahun 206 sebelum masehi (SM).

Baca Juga: Pemerintah Tiongkok 'Lenyapkan' Seluruh Jejak Vicky Zhao di Internet, Ada Apa?

Namun seiring berjalanya waktu dimsum bisa dinikmati oleh seluruh kalangan seperti para petani dan pedagang untuk menjadi makanan di sore hari dengan teh.

Dimsum pun kini menjadi salah satu makanan asal China yang paling populer di seluruh dunia. Makanan yang biasanya menjadi pendamping minum teh ini berhasil menarik perhatian seluruh dunia karena rasanya yang cocok di lidah semua orang.

Tradisi Yum Cha atau meminum teh dengan dimsum ini merupakan salah satu tradisi yang semakin dikenal penjuru dunia. Mereka memiliki aturan tersendiri ketika memakan Dimsum dengan teh bersama keluarga.

Baca Juga: 15 Menit adalah Waktu yang Tepat Menyeduh Teh Menurut Ahli Herbal, Ini Alasannya

Keluarga atau teman harus mengelilingi meja sambil mengobrol dengan menikmati sajian Dimsum dan teh. Ketika teh sudah habis maka mereka akan menyandarkan teko teh untuk memberikan isyarat kepada pelayan bahwa teh perlu diisi kembali.

Selain tradisi Yum Cha yang masih menjadi suatu tradisi yang kental di sana, keunikan lainya adalah banyaknya varian yang ada pada Dimsum.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB
X