Kanker pada Anak: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Osteosarkoma

- Selasa, 15 Februari 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi osteosarkoma, salah satu kanker pada anak
Ilustrasi osteosarkoma, salah satu kanker pada anak

Umumnya, kanker lebih sering menyerang orang dewasa karena faktor usia dan penurunan kemampuan tubuhnya sehingga lebih berisiko terserang penyakit. Namun, ternyata anak-anak pun dapat mengidap kanker. Kanker pada anak juga disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda.

Kanker adalah penyakit yang disertai dengan berkembangnya sel abnormal yang merusak dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan lain, bahkan kematian. Kanker pun tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak hingga remaja.

Hampir setiap sel pada tubuh manusia dapat berkembang secara abnormal menjadi tumor dan kanker. Namun, jenis kanker pada anak biasanya berbeda dengan kanker yang dialami oleh orang dewasa. Penyebab pada orang dewasa umumnya adalah pola konsumsi dan gaya hidup. Sementara, kanker pada anak dipicu oleh adanya mutasi gen.

Mutasi gen ini mengakibatkan perubahan DNA dari sel tubuh sejak dilahirkan, atau bahkan saat anak masih dalam kandungan. Kelainan genetik dalam keluarga seperti Down Syndrome dan sindrom familial lain pun dapat meningkatkan risiko kanker pada anak.

Kasus kanker pada anak jarang terjadi hanya karena orang tua yang memiliki gen kanker, tapi mutasi gen dapat muncul akibat radiasi dan paparan rokok saat anak dalam kandungan. Secara global, World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 300.000 anak berusia 0 hingga 19 tahun terdiagnosis kanker setiap tahun.

Perlu diketahui pula bahwa kanker atau tumor ganas adalah pertumbuhan sel atau jaringan yang tak terkendali, terus bertumbuh dan bertambah, serta immortal atau tidak dapat mati. Sel kanker pun dapat menyusup ke dalam jaringan sekitar serta membentuk anakan sebar.

Sistem Registrasi Kanker di Indonesia tahun 2005-2007 menunjukkan bahwa 9 dari 100 ribu anak usia 0 hingga 17 tahun diperkirakan dapat terjangkiti kanker, sedangkan perkiraan kanker pada anak usia 0 hingga 5 tahun adalah 18 dari 100 ribu anak dan usia 5 hingga 14 tahun adalah 10 dari 100 ribu anak.

Jenis kanker yang sering kali menyerang anak-anak, antara lain leukemia, retinoblastoma, osteosarkoma, neuroblastoma, dan limfoma maligna. Dari urutannya, leukemia merupakan kanker yang paling sering menjangkiti anak, yaitu 2 hingga 3 dari 100 ribu anak, diikuti retinoblastoma, osteosarkoma, limfoma maligna, dan neuroblastoma.

Faktor penyebab kanker pun beragam, seperti faktor keturunan hingga lingkungan. Maka dari itu, orang tua perlu mengetahui gejala-gejala kanker anak sedini mungkin. Dengan begitu, penanganannya akan jauh lebih mudah karena gejala belumlah parah.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X