Isra Mikraj 2022: Lengkap dengan Sejarah Perjalanan Rasulullah, serta Link Twibbon dan Ucapannya

- Jumat, 25 Februari 2022 | 18:48 WIB
Ilustrasi Isra Mikraj 2022
Ilustrasi Isra Mikraj 2022

Isra Mikraj adalah peristiwa luar biasa yang dialami Nabi Muhammad Saw. Peristiwa Isra Mikraj pun terjadi pada 27 Rajab di tahun kedelapan kenabian. Isra Mikraj bahkan telah ditetapkan sebagai hari libur nasional tiap tahunnya.

Peristiwa Isra Mikraj pun merupakan peristiwa dahsyat perjalanan suci Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke langit tujuh Sidratul Muntaha dalam semalam. Dalam peristiwa Isra Mikraj, banyak hikmah yang dapat dipetik, salah satunya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt., serta diwajibkannya umat Islam salat lima waktu.

Isra Mikraj juga menjadi bukti atas kekuasaan dan kebesaran Allah Swt. bahwa segala sesuatu tidak ada yang tidak mustahil bagi Allah Swt. Dalam bahasa, definisi Isra Mikraj berasal dari dua kata, yaitu Isra yang berasal dari asra-yusri-isra yang berarti ‘memperjalankan’, serta Mikraj yang berarti ‘alat naik atau tangga’.

Namun menurut istilah dalam sejarah Islam, Isra Mikraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina serta perjalanan Nabi Muhammad Saw. dari bumi menuju langit ketujuh lalu ke Sidratul Muntaha. Perlu diketahui, Sidratul Muntaha ini adalah akhir perjalanan untuk menerima perintah Allah Swt. berupa salat lima waktu sehari semalam.

Peristiwa Isra Mikraj pun diabadikan mushaf Al Quran dalam surat Al Isra ayat 1. Dalam surat itu, terdapat arti bahwa “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” Para ulama hadis pun menyatakan bahwa Rasulullah menjalani Isra dalam keadaan terjaga, dan bukan dalam keadaan tidur (mimpi), yaitu dari Mekkah ke Baitul Maqdis dengan mengendarai Buraq.

Disebutkan pula bahwa setelah Rasulullah di depan pintu Masjidil Aqsa, Rasulullah menambatkan hewan kendaraannya di dekat pintu masjid lalu memasukinya dan me­ngerjakan salat menghadap ke arah kiblat sebanyak dua rakaat, yaitu salat tahiyyatul masjid (penghormatan pada masjid).

Kemudian didatangkanlah Mikraj, sebuah alat berbentuk seperti tangga, memiliki undagan-undagan untuk naik ke langit. Rasulullah pun menaikinya menuju langit terdekat, kemudian ke langit-langit selanjutnya sampai ke langit ketujuh.

 

Isra bermakna ‘perjalanan malam’, yaitu peristiwa ketika Rasulullah berangkat dari Ka’bah di Mekkah ke Baitul Maqdis di Palestina. Jarak Mekkah ke Palestina sekitar 1.239 km yang pada 621 M itu dapat ditempuh dengan perjalanan kuda atau unta sekitar sebulan. Namun, Rasulullah mampu mencapainya hanya dalam semalam.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

7 Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ucapan 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:29 WIB

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X