Wabup Solsel Yulian Efi Dilewakan Sebagai Datuak Suku Panai Lundang Bergelar Dt Rangkayo Basa

- Minggu, 6 Maret 2022 | 18:22 WIB
Wabup Solsel Yulian Efi Dilewakan Sebagai Datuak Suku Panai Lundang Bergelar Dt Rangkayo Basa
Wabup Solsel Yulian Efi Dilewakan Sebagai Datuak Suku Panai Lundang Bergelar Dt Rangkayo Basa

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Yulian Efi dilewakan atau diangkat menjadi Datuak Suku Panai Lundang yang bertempat di Rumah Gadang Kaum Panai Rawang Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu pada Minggu (6/3/2022).

Yulian Efi terpilih secara musyawarah dan mufakat dari kaum Suku Panai Lundang dan disetujui oleh Niniak Mamak Suku Panai Tigo Ibu Pasir Talang dengan gelar Datuak Rangkayo Basa.

Yulian Efi dalam sambutannya mengatakan setelah diangkatnya menjadi Datuak Suku Panai Lundang, hendaknya ia ‘’dibaok sahilia samudiak’’, artinya setelah beban dipikul dapat diterima dan dibawa dalam kehidupan bakampuang acara-acara ninik mamak. 

Baca Juga: Pemda Yogyakarta Klaim Serangan Umum 1 Maret Digagas Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada niniak mamak dan seluruh dubalang, bundo kanduang dan semua pihak sehingga terselenggaranya kegiatan batagak gala ini.

‘’Kedepan kami berharap kepada seluruh ninik mamak untuk bahu membahu, dan akan berusaha untuk meningkatkan SDM Ninik mamak," katanya.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekdakab Syamsurizaldi dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih karena telah mensukseskan batagak gala H. Yulian Efi, Wakil Bupati Solok Selatan

Prosesi batagak gala atau pengangkatan datuak ini, telah dimulai dari beberapa acara adat sebelumnya. Dimulai dari Gugu Ditampuak, setelah itu dilakukan musyawarah kaum untuk menentukan calon datuak. 

Setelah terpilih calon datuak dari hasil musyawarah kaum, maka akan dilakukan prosesi “manyowongan tando’’ serta menentukan kapan datuak akan dilewakan atau disahkan oleh para ninik mamak.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

7 Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ucapan 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:29 WIB

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X