Waspada! Ini Situasi yang Sering Memicu Penularan Omicron

- Selasa, 8 Maret 2022 | 14:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa kemunculan kasus baru Covid-19 di dunia mengalami penurunan sebesar 19 persen dalam sepekan ke belakang. Meski begitu, masyarakat diharapkan tetap berhati-hati dan mewaspadai berbagai situasi yang bisa membuat mereka lebih rentan tertular Covid-19, khususnya akibat varian omicron.

Varian omicron yang saat ini beredar luas di berbagai belahan dunia dikenal sangat mudah menular. Di sisi lain, Covid-19 saat ini masih menjadi ancaman meski kasus barunya mengalami penurunan.

Baca Juga: Sah! Mulai Hari Ini Pemerintah Resmi Hapus Syarat Tes Covid-19 Bagi Perjalanan Domestik

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa ada lima situasi dan kondisi yang paling sering memicu penularan varian omicron. Berikut ini adalah kelima situasi dan kondisi yang perlu dihindari tersebut, seperti dilansir Eat This Not That, baru-baru ini:

1. Mengabaikan masker

Tidak menggunakan masker dapat membuat seseorang lebih berisiko terpapar oleh varian omicron. Terlebih, bila hal ini dilakukan di lingkungan yang berisiko tinggi, di sekitar orang-orang yang juga tak menggunakan masker, dan orang-orang yang belum divaksinasi.

"Anda menempatkan diri Anda dalam bahaya terkena varian omicron," ujar ahli penyakit menular anak dari Yale Medicine Carlos Oliveria MD PhD.

Penggunaan masker telah terbukti efektif dalam menghalau penularan Covid-19. Di samping itu, penggunaan masker merupakan hal yang mudah dilakukan oleh kebanyakan orang sehingga tak ada alasan untuk mengabaikannya.

2. Tidak vaksinasi

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Republika

Tags

Terkini

X