Pengertian Nisfu Syaban: Tata Cara dan Keutamaan

- Minggu, 13 Maret 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi membaca doa pada malam Nisfu Syaban
Ilustrasi membaca doa pada malam Nisfu Syaban

Nisfu Syaban adalah salah satu malam istimewa yang dapat dijadikan momen bagi umat muslim memohon ampunan kepada Allah Swt. Amalan yang dianjurkan pada Nisfu Syaban adalah membaca surat Yasin lengkap sebanyak tiga kali.

Nisfu Syaban pun diyakini dibahas dalam hadis dari Abu Hurairah ra., Rasulullah Saw. bersabda, “Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Syaban dan berkata, ‘Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Maka dari itu, bangunlah dan dirikan salat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit.’ Nabi Muhammad pun bertanya, ‘Apakah arti malam ini?’

Jibril kemudian menjawab, ‘Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, orang yang suka mengadu domba, serta orang yang memutuskan silaturahim. Mereka itu tidak akan diampuni.”

Bagi umat muslim, malam Nisfu Syaban 2022 telah ditetapkan pada Jumat tanggal 18 Maret 2022 atau 15 Syaban 1443 H. Malam Nisfu Syaban ini menjadi malam keistimewaan yang diyakini memiliki banyak syafaat menurut dalil-dalilnya.

Diriwayatkan oleh Al Bazar dan Imam Baihaqi dari Abu Bakar As Shiddiq bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Allah turun ke langit dunia ini dengan menurunkan rahmat‚ÄźNya pada malam Nisfu Syaban, sehingga Allah mengampuni segala sesuatu kecuali orang musyrik dan orang yang di dalam hatinya terdapat kedengkian.”

Diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubro bahwa Imam Asy Syafi'i ra. berkata, “Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan oleh Allah Ta'ala pada lima malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nisfu Syaban.”

Umar Ibnu 'Aziz juga pernah menuliskan surat kepada wakil atau gubernur di Basrah, “Hendaknya engkau memperhatikan empat malam dalam 1 tahun, karena sesungguhnya Allah memcurahkan rahmat-Nya yang sangat besar pada empat malam tersebut, yaitu malam pertama pada bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Malam Nisfu Syaban disebut juga sebagai Lailatul Baro'ah yang berarti malam pengampunan dosa serta malam berdoa dan malam pembebasan.

Tata Cara Nisfu Syaban

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

5 Jenis Najis yang Dimaafkan dalam Islam

Senin, 4 Juli 2022 | 14:27 WIB

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X