Tanggal Berapa Nisfu Syaban 2022? Inilah Informasinya.

- Minggu, 13 Maret 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi mengamalkan bacaan doa Nisfu Syaban
Ilustrasi mengamalkan bacaan doa Nisfu Syaban

 

Malam Nisfu Syaban dapat disebut sebagai Lailatul Baro'ah yang berarti malam pengampunan dosa serta malam berdoa dan malam pembebasan. Menurut pengertiannya, Nisfu Syaban adalah malam istimewa bagi umat muslim untuk memohon ampunan kepada Allah Swt.

Amalan yang dianjurkan pada Nisfu Syaban adalah membaca surat Yasin lengkap sebanyak tiga kali. Dalam hadis dari Abu Hurairah ra., Rasulullah Saw. pun bersabda, "Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Syaban dan berkata,

'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Maka dari itu, bangunlah dan dirikan salat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit.' Nabi Muhammad pun bertanya, 'Apakah arti malam Nisfu Syaban ini?'

Jibril kemudian menjawab, 'Malam Nisfu Syaban ini dibukakanlah 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orangtuanya, orang yang suka mengadu domba, serta orang yang memutuskan silaturahim. Mereka itu tidak akan diampuni."

Bagi umat muslim, malam Nisfu Syaban 2022 atau Nisfu Syaban 1443 H telah ditetapkan pada Jumat tanggal 18 Maret 2022 atau 15 Syaban 1443 H. Malam Nisfu Syaban ini akan menjadi malam keistimewaan yang diyakini memiliki banyak syafaat menurut dalil-dalilnya.

 

Pada malam Nisfu Syaban, umat muslim dapat membaca surat Yasin ayat 1 sampai 83 sebanyak tiga kali sehabis salat Magrib lalu disusul salat fardu Isya.

  1. Bacaan surat Yasin yang pertama, diniatkan untuk memohon kepada Allah Swt. atas umur panjang yang penuh berkah.
  2. Bacaan surat Yasin yang kedua, diniatkan untuk memohon kepada Allah Swt atas terhindar dari malapetaka atau bencana.
  3. Bacaan surat Yasin yang ketiga, diniatkan untuk memohon kepada Allah Swt. atas husnul khatimah pada diri kita.

 

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X