Jelang Ramadan 2022, Inilah Cara Membayar Fidyah Sebagai Lunas Utang Puasa

- Rabu, 16 Maret 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi umat muslim menerapkan adab puasa Ramadan 1443 H di bulan suci
Ilustrasi umat muslim menerapkan adab puasa Ramadan 1443 H di bulan suci

Bagi umat muslim, puasa Ramadan menjadi momen suci untuk mendapatkan ampunan sekaligus pahala berlimpah dari Allah Swt. Umat muslim pun akan menunaikan puasa Ramadan satu bulan penuh beserta salat tarawih dan witir, dan amalan ibadah lainnya.

Hukum puasa Ramadan bagi umat muslim dewasa atau baligh adalah fardu, tapi diperbolehkan tidak menunaikannya selama orang tersebut benar-benar berhalangan. Contohnya, orang yang sudah tua dan lemah, orang yang sakit parah, wanita haid, hamil, atau menyusui, serta musafir.

Mereka yang berhalangan melaksanakan puasa Ramadan di bulan suci, harus menggantinya dengan puasa qada Ramadan atau membayar fidyah. Itu pun tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 184, bahwa "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain.

Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Namun, barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Ayat tersebut membuktikan bahwa Allah Swt. memerintahkan umat muslim wajib menunaikan puasa Ramadan dan bagi orang yang berhalangan harus menggantinya dengan fidyah atau puasa qada Ramadan. Hukum membayar fidyah dalam Islam pun wajib bagi mereka yang berhalangan menunaikan puasa Ramadan dengan beberapa ketentuan.

 

Saat ini dalam kalender hijriah, pertengahan bulan Maret sudah masuk pertengahan Syaban yang artinya beberapa hari lagi menuju puasa Ramadan 1443 H. Berdasarkan perhitungan dengan metode hisab, organisasi Islam bernama Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1443 H atau awal puasa Ramadan 2022 jatuh pada 2 April 2022. Diperkirakan sebulan setelahnya, 1 Syawal 1443 H pun akan jatuh pada 2 Mei 2022.

Sementara, pihak Kementerian Agama RI (Kemenag) belum menetapkan kapan 1 Ramadan 1443 H. Penetapan yang dilakukan Kemenag baru akan dilaksanakan pada 30 Syaban 1443 H ketika Ruqyatul Hilal dilaksanakan di sejumlah titik di Indonesia.

 

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ucapan 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:29 WIB

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X