Inilah Definisi Puasa, Jenis dan Ketentuan dalam Ajaran Islam

- Jumat, 18 Maret 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi hidangan berbuka untuk semua jenis puasa, termasuk puasa Ramadan
Ilustrasi hidangan berbuka untuk semua jenis puasa, termasuk puasa Ramadan

Puasa adalah ibadah yang dilaksanakan dengan menahan diri dari segala hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari atau waktu Magrib. Puasa dalam bahasa Arab pun dikenal sebagai ‘shaum’ yang artinya menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya, termasuk makan, minum, berbicara, berjalan, dan menikah.

Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkannya dengan ketentuan berlaku secara khusus. Puasa merupakan ibadah yang hanya diperuntukkan dan diketahui oleh Allah Swt. Orang yang berpuasa pun akan senantiasa berada dalam pengawasan Allah Swt. dan puasa itu pun membuat hidup seseorang lebih teratur dan terarah.

Menunaikan puasa dapat mengajarkan seseorang melatih kejujuran tanpa diketahui oleh orang lain atau menjauhkan dirinya dari riya, sebab ibadah puasa tidak diketahui oleh orang lain dan tidak nampak seperti ibadah lain termasuk salat wajib atau salat sunah, bersedekah, dan membaca Al Quran.  

Selain mengelola hawa nafsu, puasa pun berperan dalam melatih diri seseorang agar tidak terjebak dalam godaan syetan. Maka dari itu, Allah Swt. pun menyampaikan bahwa ibadah di bulan puasa akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Puasa juga berorientasi mendapatkan ketakwaan sekaligus mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Adapun empat jenis puasa yang perlu diketahui, yaitu puasa wajib, puasa sunah, puasa makruh, dan puasa haram.

Puasa Wajib

Dalam surat Al Baqarah ayat 183, umat muslim diwajibkan berpuasa sebagai berikut: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Sementara, kitab Al Fiqhul Islamy wa Adillatuhu oleh Wahbah Az Zuhaili menjabarkan bahwa ada empat jenis puasa wajib yang dapat dikerjakan umat muslim.

1. Puasa nazar

Puasa wajib ini dikerjakan jika seseorang bernazar (berjanji) untuk melakukan puasa, baik satu hari atau satu bulan. Kata-kata yang terucap merupakan janji seorang hamba kepada Allah Swt. sehingga wajib baginya menunaikan janji tersebut.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X