Jelang Puasa Ramadan 2022, Inilah Jadwal Imsakiyah 1443 H untuk Maluku dan Papua

- Selasa, 22 Maret 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi Ramadan 2022 dan jadwal imsakiah 1443 H
Ilustrasi Ramadan 2022 dan jadwal imsakiah 1443 H

Pada umumnya, puasa menyehatkan tubuh sebab dapat dijadikan metode diet yang mampu menurunkan berat badan. Selama periode puasa, kadar gula dalam tubuh pun berkurang sehingga aktivitas di periode puasa akan menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Dalam puasa, metabolisme makanan pun akan lebih teratur. Terbukti dalam pemeriksaan medis terkait kadar glukosa darah yang menunjukkan penurunan selama puasa. Selain itu, puasa dapat menggantikan sel rusak dalam tubuh dan menggantinya dengan sel baru yang lebih sehat.

Dengan puasa, seseorang pun dapat meningkatkan kembali hormon pertumbuhan hingga 2.000% bagi laki-laki dan 1.300% bagi perempuan. Hormon pertumbuhan itulah yang memfasilitasi pembakaran cadangan lemak di tubuh dan menghentikan penuaan dini selama puasa, termasuk Ramadan">puasa Ramadan.

Puasa Ramadan wajib dikerjakan bagi umat muslim yang telah baligh atau dinyatakan dewasa, serta termasuk rukun Islam yang ketiga setelah syahadat dan salat. Ibadah Ramadan">puasa Ramadan ini pun wajib dilakukan satu bulan penuh ketika sudah masuk bulan Ramadan setiap tahunnya.

Banyak pula keutamaan Ramadan">puasa Ramadan bagi orang-orang yang menjalankannya. Itu pun tertuang dalam hadis yang menyebutkan sabda Rasulullah Saw., bahwa “Tidaklah seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali Allah akan menjauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh 70 musim.” (HR. Bukhari, Muslim dari Abu Sa’id AlKhudry). Dikatakan dalam Fathul Bari, sabda Rasulullah Saw. mengenai “70 musim” merujuk pada ‘perjalanan 70 tahun’.

Ibadah Ramadan">puasa Ramadan tidak sekadar menahan lapar dan haus serta hawa nafsu sebagai syarat sah puasa. Namun, seseorang juga harus melaksanakan amalan-amalan mulia di bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah Swt.

Adapun rukun Ramadan">puasa Ramadan adalah sebagai berikut:

1. Niat

Niat adalah menyengaja suatu perbuatan untuk menaati perintah Allah Swt. untuk mengharapkan ridha-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya. Kedudukan niat sangatlah penting pada puasa wajib. Sebab, niat harus dibaca oleh orang yang hendak berpuasa sebelum terbitnya fajar.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X