Jelang Puasa Ramadan 2022, Inilah Jadwal Imsakiah 1443 H untuk Jabodetabek dan Pulau Jawa

- Selasa, 22 Maret 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Ramadan 2022 dan jadwal imsakiah 1443 H
Ilustrasi Ramadan 2022 dan jadwal imsakiah 1443 H

Puasa adalah perbuatan seseorang berpantang dari makanan, minuman, keburukan, serta segala hal yang membatalkan dalam periode tertentu. Biasanya puasa dilakukan selama satu hari penuh atau beberapa hari.

Praktik puasa pun dapat menghalangi aktivitas seksual dan hal lainnya. Dalam menunaikan ibadah puasa, seseorang wajib beraktivitas lainnya demi meningkatkan kualitas hidup spiritualnya. Sehingga, inti dari puasa adalah pengekangan diri dari keinginan atau larangan-Nya untuk mencapai tujuan tertentu.

Bagi umat muslim, Ramadan">puasa Ramadan wajib ditunaikan apalagi yang sudah baligh atau dewasa. Sebab, puasa adalah rukun Islam yang ketiga setelah syahadat dan salat. Ibadah Ramadan">puasa Ramadan akan dilakukan sebulan penuh sejak masuknya bulan Ramadan setiap tahunnya.

Banyak pula keutamaan Ramadan">puasa Ramadan bagi orang-orang yang menjalankannya. Itu pun tertuang dalam hadis yang menyebutkan sabda Rasulullah Saw., bahwa “Tidaklah seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali Allah akan menjauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh 70 musim.” (HR. Bukhari, Muslim dari Abu Sa’id AlKhudry). Dikatakan dalam Fathul Bari, sabda Rasulullah Saw. mengenai “70 musim” merujuk pada ‘perjalanan 70 tahun’.

Ibadah Ramadan">puasa Ramadan tidak sekadar menahan lapar dan haus serta hawa nafsu sebagai syarat sah puasa. Namun, seseorang juga harus melaksanakan amalan-amalan mulia di bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah Swt.

Adapun rukun Ramadan">puasa Ramadan adalah sebagai berikut:

1. Niat

Niat adalah menyengaja suatu perbuatan untuk menaati perintah Allah Swt. untuk mengharapkan ridha-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya. Kedudukan niat sangatlah penting pada puasa wajib. Sebab, niat harus dibaca oleh orang yang hendak berpuasa sebelum terbitnya fajar.

Tak hanya itu, puasa hukumnya tidak sah jika tidak dimulai dengan niat sebelum fajar. Anjuran tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Saw. dalam hadis dari Hafsah ra., bahwa "Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya." (HR. Tirmidzi)

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Najis yang Dimaafkan dalam Islam

Senin, 4 Juli 2022 | 14:27 WIB

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X