Doa sebelum dan setelah Salat Witir Beserta Doa Qunut pada Malam Ramadan 2022

- Rabu, 30 Maret 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi Doa setelah dan sebelum Salat Witir di Malam Ramadan 1443 H
Ilustrasi Doa setelah dan sebelum Salat Witir di Malam Ramadan 1443 H

Salat witir adalah salat sunah yang disarankan dikerjakan umat muslim setelah salat sunah lainnya di malam hari, terutama setelah salat tarawih di bulan Ramadan 2022. Itu pun tertuang dalam hadis yang membahas salat witir bagi umat muslim, “Jadikan salatmu yang paling akhir di waktu malam berupa salat witir.” (HR. Bukhari, Muslim)

Salat witir biasanya berjumlah rakaat ganjil, 1 rakaat, 3 rakaat, atau bahkan 11 rakaat. Namun, salat witir 3 rakaat lebih umum dikerjakan setelah salat tarawih. Waktu pelaksanaan salat witir pun biasanya antara setelah salat Isya hingga sebelum waktu salat Subuh.

Salat witir adalah penutup salat malam atau disebut sebagai qiyamul lail. Hadis riwayat dari Abu Ayyub Al Anshari ra. menyatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Salat witir adalah hak atas setiap muslim. Barangsiapa yang suka melakukan salat witir 3 rakaat hendaknya dia melakukannya, dan barangsiapa yang melaksanakan salat witir 1 rakaat, hendaknya dia melakukannya.”

Rasulullah Saw. juga melarang umat muslim melaksanakan salat witir 3 rakaat berturut-turut layaknya salat Magrib. Itu pun tertuang dalam sabdanya, “Janganlah kalian menyerupai (salat witir) dengan salat Magrib.”

Untuk itu, umat muslim sebaiknya menghindari praktik salat witir yang menyerupai salat Magrib. Adapun cara salat witir yang dianjurkan adalah salam antara (bilangan) genap dan ganjil atau tidak duduk di antara yang genap dan yang ganjil. Namun, cara pertama lebih kuat dan baik.

Dalam pelaksanaan salat witir 3 rakaat, umat muslim pun dianjurkan membaca surat pendek Al Quran, seperti surat Al A’la di rakaat pertama setelah surat Al Fatihah. Kemudian, surat Al Kafirun di rakaat kedua dan surat Al Ikhlas di rakaat ketiga. Pada rakaat ketiga salat witir, terkadang ditambahkan membaca surat Al Falaq dan An Nas.

Diriwayatkan dari Abdul Aziz bin Juraij, beliau berkata, “Kami bertanya kepada Aisyah ra., ‘Dengan apakah Rasulullah Saw. melaksanakan salat witir?’ Kemudian, Aisyah menjawab, ‘Beliau membaca (sabbihismarabbikal a’la) pada rakaat pertama, dan (qul yaa ayyuhal kafirun) pada rakaat yang kedua, dan (qul huwallahu ahad) serta (al mu’awwidzatain) pada rakaat yang ketiga.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah) Selain itu, pada riwayat hadis lain, Rasulullah Saw. juga membaca 100 ayat surat An Nisaa di rakaat salat witir.

Sementara, salat tarawih adalah salat sunah yang wajib dilaksanakan di bulan Ramadan 2022 bagi seluruh umat muslim. Pelaksanaan salat tarawih pun dapat berjumlah 8 rakaat, 20 rakaat, atau bahkan 36 rakaat. Bergantung pada kekhusyukan umat muslim dalam melaksanakannya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan sesuai sunah Rasulullah Saw.

Perlu diketahui, salat tarawih dapat menghidupkan setiap malam Ramadan 2022, atau disebut pula sebagai Qiyamu Ramadan. Banyak keutamaan dari salat tarawih yang mengikuti kaidah salat sunah ini. Salat tarawih pun tidak diwajibkan dilakukan secara berjamaah.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X