Inilah Penyebabnya Berat Badan Malah Naik ketika Puasa Ramadan

- Rabu, 13 April 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi terapkan pola makan baik demi mencegah naiknya berat badan selama puasa Ramadan
Ilustrasi terapkan pola makan baik demi mencegah naiknya berat badan selama puasa Ramadan

Puasa Ramadan telah dijadikan sebagai cara menurunkan berat badan bagi sebagian orang. Namun, ternyata adakalanya orang-orang malah mengalami penambahan berat badan ketika puasa Ramadan. Banyak orang yang mendapatkan manfaat puasa, seperti terhindar dari penyakit, mengalami perbaikan gangguan pencernaan, terhindar dari rasa kembung, serta turunnya berat badan.

Selain itu, puasa Ramadan memang wajib dilaksanakan umat Islam karena termasuk rukun Islam dan diperintahkan Allah Swt. melalui hadis dan ayat Al Quran. Adapun puasa Ramadan diawali dengan niat puasa Ramadan dan diakhiri doa berbuka puasa ketika masuk waktunya Magrib.

Dalam hal kenaikan berat badan ketika puasa Ramadan, kebanyakan orang tentu kurang memperhatikan pola makan dan minum selama sahur dan berbuka. Kesalahan tersebut dapat menjadi penyebab naiknya berat badan alih-alih penurunan berat badan seseorang.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam puasa Ramadan yang malah menyebabkan naiknya berat badan:

1. Makan terlalu banyak selama berbuka puasa

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan berat badan, tapi juga sebaliknya. Whitney English Tabaie, ahli gizi terdaftar dan bersertifikat NASM pun mengatakan bahwa jika seseorang makan berlebihan selama buka puasa Ramadan, justru dapat membuat berat badan naik.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan gangguan pencernaan ini sesegera mungkin. Puasa dapat menurunkan berat badan, jika waktu makan dan kecenderungan jumlah asupan kalori yang dimakan berkurang.

Namun jika jumlah asupan kalori sehari saat buka puasa Ramadan sama besarnya atau bahkan lebih besar dari hari biasa, berat badan malah naik. Tabaie meyakini bahwa puasa untuk menurunkan berat badan tidak berlaku untuk semua orang, karena adanya kebiasaan melampiaskan rasa lapar saat waktu berbuka tiba.

Tabaie menyebutnya sebagai ‘pesta makan berlebihan’, yang efeknya kontraproduktif dengan upaya penurunan berat badan.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X