Resep Simpel dan Bikin Kenyang, Takjil Candil Ketan untuk Buka Puasa Ramadan 2022

- Rabu, 13 April 2022 | 10:20 WIB
Ilustrasi resep takjil candil ketan untuk berbuka puasa Ramadan 2022
Ilustrasi resep takjil candil ketan untuk berbuka puasa Ramadan 2022

Umumnya, takjil adalah makanan yang cocok ketika buka puasa Ramadan, termasuk menu buka puasa berupa makanan dan minum yang manis-manis seperti kolak, kurma, dan es buah. Namun dalam Islam, takjil sangatlah berbeda dengan pengertian pada umumnya itu.

Takjil berasal dari kata ta’jiilun yang diwakafkan menjadi ta’jiil, dengan asal kata fi’il madhi ajjala yang berarti ‘menyegerakan atau mempercepat’. Sebab itu, takjil sesungguhnya bukanlah hidangan berbuka puasa Ramadan, melainkan kegiatan menyegerakan untuk menyelesaikan ibadah puasa atau membatalkan puasa dengan memakan sesuatu, yaitu ketika waktu buka puasa telah tiba.

Puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim menjalankannya dan bagian dari rukun Islam yang harus dilakukan sungguh-sungguh, mulai dari waktu awal puasa hingga waktu membatalkannya, dengan memakan takjil yang penuh berkah.

“Dianjurkan berbuka dengan kurma, atau jika tidak ada maka dengan air, berdasarkan hadis ini. Karena yang manis-manis itu menguatkan tubuh dan air itu membersihkan tubuh. Ar Rauyani berkata, ‘Kalau tidak ada kurma, maka dengan yang manis-manis. Karena puasa itu melemahkan pandangan dan kurma itu menguatkannya, dan yang manis-manis itu semakna dengan kurma.’” (Kifayatul Akhyar, 200)

Pola konsumsi yang dicontohkan Rasulullah Saw. itulah yang patut diteladani bagi kehidupan umat muslim dalam segala hal agar berdampak pada kesehatan tubuh dan fitrah diri. Dalam hal ini, berbuka puasa Ramadan 2022 dalam dilakukan dengan makanan dan minuman yang manis, seperti candil ketan gula merah.

Sebab, candil ketan dapat membuat perut kenyang dan paling dicari umat muslim untuk berbuka puasa Ramadan 2022. Sehingga, candil ketan sering kali terlihat di deretan jajanan takjil menjelang berbuka puasa Ramadan 2022.

Bahkan, anjuran berbuka puasa Ramadan 2022 memang lebih baik dengan yang manis. Sebab, asupan makanan manis ketika berbuka puasa dapat segera menstabilkan gula darah dalam tubuh yang berkurang selama berpuasa.

Jika senang memasak, candil ketan ini dapat dibuat sendiri di rumah. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan tidak terlalu memerlukan banyak waktu. Sehingga, dapat langsung dicoba ketika ada waktu senggang.

Resep Candil Ketan Gula Merah

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

5 Jenis Najis yang Dimaafkan dalam Islam

Senin, 4 Juli 2022 | 14:27 WIB

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X