Manfaat Tanaman Hias yang Jarang Diketahui: Kulit Terhidrasi Alami

- Senin, 18 April 2022 | 15:08 WIB
Ilustrasi bunga lili sebagai tanaman hias
Ilustrasi bunga lili sebagai tanaman hias

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang menciptakan kesan keindahan, kecantikan, dan daya tarik. Tanaman hias juga dapat diartikan sebagai ornamental plant, atau tanaman yang tumbuh karena ornamennya, dan bukan nilai komersial lainnya. Istilah ini sering disebut sebagai holtikultura.

Tak hanya itu, tanaman hias mencakup semua tumbuhan yang merambat, berupa semak, perdu, ataupun pohon, serta yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan atau busana, atau karangan bunga. Bahkan, bunga potong pun dapat digolongkan sebagai tanaman hias.

Adapun manfaat tanaman hias yang sering kali diketahui antara lain meningkatkan keindahan lingkungan tempat tinggal, penghijauan, dan kebersihan udara, memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman hias agar terlihat lebih indah, menyerap air agar terhindar dari erosi, lingkungan sekitar menjadi lebih teduh dan segar, serta menggemburkan tanah sehingga lahan menjadi lebih subur.

Selain itu, ada pula manfaat tanaman hias yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh, seperti menghidrasi kulit. Terlalu lama di ruangan ber-AC atau terkena paparan sinar matahari dapat membuat kulit kehilangan cairan atau dehidrasi. Salah satu cara alami untuk mendapatkan kembali cairan tubuh itu adalah melalui tanaman hias.

Tanaman hias yang biasa diletakkan di dalam ruangan tak hanya berfungsi sekadar hiasan belaka. Tanaman itu ternyata dapat bermanfaat melembapkan kulit kering dan mendapatkan cairan atau terhidrasi dengan alami.

Penelitian terbaru mengenai manfaat tanaman hias dari The Royal Horticultural Society (RHS), terdapat beberapa tumbuhan yang baik untuk kulit. Studi itu menunjukkan bahwa bunga dan tanaman semak tertentu dapat mencegah pengeringan melalui proses transpirasi atau terlepasnya uap air melalui daun pada tumbuhan.

Dalam proses transpirasi itu, tanaman mengeluarkan air melalui stomata. Dampaknya, ruangan tempat tanaman hias itu berada menjadi lebih lembap dan berpengaruh pada kulit penghuni rumah itu.

Dilansir dari The Telegraph, kepala ilmuwan hortikultura RHS pun mengatakan bahwa tanaman merupakan cara sederhana dan terjangkau untuk mengurangi kekeringan udara di dalam ruangan dan meringankan gejala kulit kering, juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan jiwa dan fisik.

Bahkan, peneliti merekomendasikan tumbuhan dengan tingkat transpirasi yang tinggi, serta tanaman dengan kanopi besar dan mengeluarkan air yang banyak. Tumbuhan dengan tipe ini baik untuk kulit.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X