Filter Oli Sepeda Motor untuk Tingkatkan Perfoma Mesin

- Senin, 18 April 2022 | 16:26 WIB
Ilustrasi filter oli sepeda motor
Ilustrasi filter oli sepeda motor

Perawatan sepeda motor perlu dilakukan secara rutin dan tepat agar performa mesin tetap optimal sekaligus biaya perawatan tidaklah terlalu besar. Sama halnya dengan penggantian filter oli yang sering kali diabaikan pengguna, padahal komponen ini turut menjaga performa dan durabilitas mesin sepeda motor.

Perlu diketahui, oli adalah pelumas yang dibutuhkan oleh semua jenis kendaraan bermesin. Bahkan, mesin-mesin pabrik pun membutuhkan oli dan harus diganti secara berkala. Fungsi utama oli adalah melumasi semua bagian mesin. 

Selain peran utama oli yang penting sebagai pelumas mesin sepeda motor, filter oli juga berperan penting untuk menjaga kondisi oli tersebut tetap bersih. Filter oli ini akan menyaring partikel-partikel dan benda asing yang tercampur pada oli mesin.

Ketika mesin bekerja normal, oli akan bekerja melumasi setiap komponen dalam mesin, seiring waktu, oli mesin akan menjadi kotor karena tercampur partikel logam, seperti gram-gram sisa gesekan antar-part dan karbon sisa pembakaran di mesin.

Karena itu, jika filter oli sudah dalam batas waktu penggantian atau kotor, kemampuan menyaring partikel-partikel dan benda asing pada oli akan berkurang, sehingga oli akan tercampur dengan kotoran.

Jika partikel-partikel tersebut dikirim ke mesin bersama oli mesin dan dibiarkan terus-menerus, akibatnya komponen mesin sepeda motor akan cepat rusak.

Kebanyakan pengendara motor mengeluh atas mahalnya servis sehingga sering kali mengurungkan niat mengganti filter oli. Namun, dampaknya akan menguras lebih banyak biaya, maka mengganti filter oli tepat waktu sangatlah penting. 

Pengendara motor tak perlu membuka bak oli sendiri dan mengecek kondisi kelayakan dari filter oli. Ada waktu khusus yang disarankan oleh bengkel agar rutin mengganti filter oli, seperti ketika mengganti oli mesin dan menyesuaikan kilometer kendaraan.

“Untuk mempertahankan kinerja sepeda motor yang optimal, konsumen perlu merawat sepeda motor secara rutin dan tepat,” kata Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X