Sejarah hingga Link Twibbon untuk Hari Palang Merah Sedunia 2022 pada 8 Mei

- Kamis, 5 Mei 2022 | 18:43 WIB
Ilustrasi sukarelawan Palang Merah International dalam Hari Palang Merah Sedunia 2022
Ilustrasi sukarelawan Palang Merah International dalam Hari Palang Merah Sedunia 2022

Dilansir dari India Today, Hari Palang Merah Sedunia pertama kali diperingati pada 1948. Pada 1984, peringatan setiap 8 Mei ini resmi dinamakan sebagai Hari Palang Merah Sedunia atau Hari Bulan Sabit Merah Sedunia.

Awalnya, peringatan Hari Palang Merah Sedunia dilakukan tepat pada hari kelahiran Henry Dunant, yaitu pendiri ICRC (International Committee of The Red Cross).

Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah pun bertugas mengawasi pergerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang berada di 188 negara, termasuk di Indonesia.

Menurut sejarahnya, Palang Merah Sedunia bermula pada tahun 1859 di Kota Solferino, Italia Utara. Pada saat itu, pasukan Italia dan Prancis bertempur melawan Austria.

Di hari itulah, Henry Dunant, seorang warga negara Swiss terjebak di kota itu dalam perjalanannya menjumpai Kaisar Prancis, Napoleon III.

Henry Dunant bahkan menyaksikan sendiri kengerian medan perang pada waktu itu. Sebanyak 40 ribu orang yang menjadi korban militer tidak dapat ditangani oleh pasukan medis militer.

Bersama penduduk setempat, Henry Dunant sempat bergerak untuk membantu memberikan pertolongan.

Dari kengerian itulah, Henry Dunant yang juga menulis buku Kenangan Solferino menggagas pendirian organisasi kemanusiaan tingkat internasional.

Palang Merah Internasional pun telah memenangkan tiga kali penghargaan Nobel Perdamaian, yaitu pada tahun 1917, 1944, dan 1963. Sementara, Henry Dunant memenangkan penghargaan serupa pada 1901.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X