Berikut Kebiasaan yang Menyebabkan Kita Sering Dehidrasi Berlebihan Saat Bangun Tidur

- Jumat, 6 Mei 2022 | 15:56 WIB
tidur duduk
tidur duduk

Jakarta, HarianHaluan.com – Tidur merupakan salah satu keadaan istirahat alami yang sangat dibutuhkan dan penting bagi kesehatan manusia.

Dikutip dari web Halodoc saat tidur, tubuh menjadi rileks, sehingga memberikan waktu istirahat dan membangun kembali otot-otot yang sudah lelah sepanjang hari.

Begitu pun otak, saat tidur, semua limbah yang diproduksi otak dikeluarkan. Itulah sebabnya, tidur menjadi penting bagi kesehatan tubuh, fungsi metabolik, kekebalan tubuh, dan otak.

Tidur juga baik untuk mengatur emosi, lho. Saat kurang tidur, emosi negatif bisa meningkat hingga 60 persen.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Puasa Ramadan 2022 Jika Ibadahnya Diisi dengan Tidur Siang? Inilah Penjelasannya

Namun, seringkali kita merasa haus dan dehidrasi saat bangun tidur. Bangun dengan perasaan haus dan dehidrasi cukup wajar.

Tubuh Anda berfungsi sepanjang malam tanpa menghidrasi, dan tugas-tugas sederhana seperti bernapas dan mengatur suhu tubuh saat tidur bisa menyebabkan kehilangan cairan.

Namun, dehidrasi pagi hari bisa menjadi lebih atau kurang parah tergantung pada rutinitas malam hari Anda di malam sebelumnya.

Dehidrasi yang lebih intens berarti gejala yang juga lebih intens dan peningkatan jumlah waktu (dan jumlah cairan) yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menyeimbangkan dan memulihkan tingkat hidrasi.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X