Pasca Mudik, Inilah Myalgia yang Perlu Diwaspadai dan Kiat Mengatasinya

- Senin, 9 Mei 2022 | 16:15 WIB
Ilustrasi myalgia dan cara mengatasinya
Ilustrasi myalgia dan cara mengatasinya

Arus mudik balik menjadi perjalanan panjang dan melelahkan, khususnya bagi mereka yang menempuh jalur darat apalagi dengan kendaraan pribadi.

Pasca mudik, perjalanan itu pun dapat mengakibatkan tubuh terasa pegal karena terlalu lama duduk dan bahkan merasakan myalgia atau nyeri otot di bagian kaki, leher, ataupun punggung.

Spesialis Kedokteran Olahraga bahkan mengungkapkan bahwa myalgia umumnya muncul akibat akumulasi asam laktat atau senyawa biokimia dalam tubuh.

Akumulasi tersebut dapat terjadi karena seseorang yang melakukan gerakan sama secara berulang. Penumpukan asam laktat akibat duduk terlalu lama pun akan menimbulkan rasa nyeri.

Berdasarkan penelitian terkait myalgia, nyeri otot adalah kondisi yang cukup sering dialami manusia pada umumnya.

International Association for Study of Pain (IASP) pun menunjukkan bahwa rasa nyeri timbul akibat kerusakan yang sedang terjadi dalam tubuh.

Rasa nyeri tersebut dapat terasa sebentar, seperti kram otot. Namun, myalgia atau nyeri otot ini perlu penanganan untuk mengurangi risiko di kemudian hari.

Dikutip dari Verywell Health, gejala myalgia biasanya berupa nyeri otot di satu bagian, bahkan menyebar ke bagian lain. Rasa nyeri pun dapat berbeda-beda, ringan ataupun berat, lama atau sebentar.

Myalgia juga dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga ekstrem atau gangguan kesehatan seperti demam atau infeksi. Namun, kebanyakan myalgia muncul akibat stres dan rasa tegang.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X