Tips Atasi Sel Kanker dan Diabetes dengan Sarang Burung Walet

- Senin, 9 Mei 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi sarang burung walet sebagai salah satu tips atasi sel kanker dan diabetes
Ilustrasi sarang burung walet sebagai salah satu tips atasi sel kanker dan diabetes

Sarang burung walet terbuat dari air liur burung ini yang diyakini baik bagi kesehatan dan berdaya jual tinggi. Sarang burung walet pun umumnya dimasak sebagai campuran obat tradisional dan makanan mewah.

Sarang burung walet pun diminati banyak negara hingga tercipta perdagangan internasional, termasuk Tiongkok. Negara penghasil sarang burung walet terbesar di dunia adalah Indonesia, dengan total produksi 700 ton per tahun.

Hasil produksi sarang burung walet sebesar 90 persen itu diekspor ke Tiongkok dengan nilai jual 40 hingga 100 juta rupiah per kilogram. Karena itu, sarang burung walet dikenal sebagai ‘emas putih’.

Burung walet umumnya hidup di gua-gua dan bahkan rumah maupun gedung yang gelap dan lembap. Hewan ini pun memanfaatkan langit-langit gua atau plafon gedung untuk membuat sarang yang aman.

Sarang burung walet pun dibuat dari air liur yang mengeras yang dimuntahkan oleh burung walet untuk dijadikan sarang. Tak hanya itu, sarang tersebut juga mengandung bulu dan kotoran. 

Jika akan dikonsumsi, sarang burung walet harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Masyarakat Tionghoa menggunakan sarang burung walet sebagai bahan sop atau suplemen obat.

Untuk membuatnya, sarang burung walet hanya direbus dua kali dengan gula batu dan persiapannya dapat berlangsung hingga berjam-jam.

Kuah sarang burung walet umumnya terasa ringan, dengan tekstur agak lengket layaknya putih telur. Di restoran Asia, hidangan ini menjadi menu utama yang disajikan dengan mi, makanan laut, ataupun sayuran.

Dalam sarang burung walet, terkandung senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan, semisal glukosamin, asam sialat, asam lemak, vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X