Tips Jual Beli Saham Bagi Investor Pemula serta Rekomendasi Saham yang Cuan

- Senin, 9 Mei 2022 | 19:32 WIB
Ilustrasi memantau pasar termasuk tips jual beli saham bagi investor pemula
Ilustrasi memantau pasar termasuk tips jual beli saham bagi investor pemula

Kini, banyak orang tertarik berinvestasi di pasar modal. Namun, banyak pula yang belum paham betul perihal jual beli saham. Untuk itu, investor pemula perlu mengetahui tips jual beli saham serta rekomendasi saham yang baik untuk diikuti.

Saham adalah instrumen investasi yang menjadi bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Tak hanya itu, saham adalah investasi yang berisiko tinggi (high risk). Untuk itu, pemula harus memperhatikan tips jual beli saham agar tidak merugi.

Dalam berinvestasi saham, tidak ada syarat atau ketentuan khusus. Semua orang yang sudah memiliki kartu tanda pengenal atau KTP dapat terjun langsung. Bagi investor pemula, ada tips jual beli saham yang mudah dipahami.

Tips Jual Beli Saham Bagi Investor Pemula

Ada 4 langkah yang harus dilakukan ketika ikut dalam transaksi jual beli saham sebagai modal investasi jangka panjang.

1. Menentukan perusahaan sekuritas

Investor pemula harus menentukan perusahaan sekuritas tempat bertransaksi saham. Perusahaan sekuritas adalah perantara untuk jual beli saham dan membantu proses pembukaan rekening pada Bursa Efek Indonesia (BEI).
Dalam pemilihan perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan itu telah terdaftar dalam BEI dan daftar lengkapnya dapat dicek melalui situs resmi Otoritas Bursa.

2. Buka rekening dana nasabah

Rekening dana nasabah (RDN) adalah rekening yang dimiliki oleh para investor untuk melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X