Stop! Jangan Konsumsi 6 Minuman Ini Saat Cuaca Panas

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:33 WIB
es teh (Pexels/Prem Pal Singh TAnwar/Cover Both Side)
es teh (Pexels/Prem Pal Singh TAnwar/Cover Both Side)

HARIANHALUAN - Saat cuaca panas, minuman seperti es teh dan es kopi mungkin menjadi salah satu yang paling banyak dicari.

Namun meski terasa menyegarkan, minuman tersebut ternyata bisa membuat tubuh dehidrasi karena kombinasi kafein dan gula.

Baca Juga: Laga Internal Game, Skuat Garuda Terganggu Cuaca Panas

Bahkan jika Anda tinggal di dalam ruangan, minuman populer tertentu bisa menyerap air langsung dari tubuh. Dilansir dari EatThis melalui Republika.co.id, Jumat, 15 Mei 2022, berikut enam minuman terburuk yang bisa membuat tubuh dehidrasi.

1. Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lainnya telah digolongkan sebagai beberapa minuman yang paling bisa membuat dehidrasi. Ahli diet Natalie Clair menjelaskan, alkohol bersifat diuretic yang menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dari darah jauh lebih cepat daripada cairan lain. Itulah mengapa alkohol mengganggu mekanisme yang mengatur air dalam tubuh.

Baca Juga: Meski Cuaca Panas, Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi di Sumbar

"Secara umum, segelas minuman beralkohol akan membuat tubuh Anda mengeluarkan 120 mililiter urin tambahan selain urin normal Anda. Misalnya, ketika Anda minum 200 mililiter air, tubuh Anda akan mengeluarkan 200 mililiter urin. Namun, ketika Anda mengonsumsi 200 mililiter bir, tubuh Anda akan mengeluarkan 320 mililiter urin,” jelas Clair.

2. Soda

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X