Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Bersihkan Telinga dari Kotoran yang Menggumpal

- Kamis, 19 Mei 2022 | 14:13 WIB
 Ilustrasi cotton bud yang tidak disarankan untuk membersihkan telinga ( pexels/Sarah Chai)
Ilustrasi cotton bud yang tidak disarankan untuk membersihkan telinga ( pexels/Sarah Chai)

HARIANHALUAN - Inilah cara membersihkan telinga dari kotoran yang menggumpal dan tak boleh dilakukan sembarangan. Dikhawatirkan, tata cara membersihkan yang kurang tepat bakal menimbulkan masalah baru bagi kesehatan telinga.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan terjadi penumpukan kotoran di telinga. Untuk membersihkan telinga, tentunya harus dengan tata cara yang sesuai anjuran dokter.

Baca Juga: Fungsi, Bagian dan Cara Kerja Indera Pendengar (Telinga)

Berikut ini cara membersihkan telinga dari kotoran yang menggumpal menurut Dokter Gea, dilansir dari YouTube Alodokter melalui INews.id, Kamis, 19 Mei 2022.

1. Hindari Penggunaan Cotton Bud

Selama jumlah serumen atau kotoran telinga tak berlebihan, hal ini sebenarnya tak akan mmenimbulkan gangguan. Sehingga tak memerlukan tindakan khusus untuk mengeluarkannya karena pelan-pelan kotoran akan keluar tanpa harus dikorek.

Tetapi kalau kotoran terlalu banyak dan menyumbat telinga, dengan kondisi yang disebut serumen prop, maka hal ini tak bisa dibersihkan sembarangan. Contohnya seperti penggunaan cotton bud yang berpotensi membuat kotoran terdorong ke dalam telinga.

Baca Juga: Saat Telinga Kemasukan Air, Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

Jika hal ini terjadi, maka telinga akan mengalami gangguan. Selain cotton bud, hindari juga penggunaan benda-benda lain yang bisa melukai seperti tutup pulpen, kuku, batang korek api, paper klip, atau ear candle.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X