Mobil Hilang Tenaga? Simak Penyebab dan Tips Mengatasinya

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:46 WIB
Dok Lifepal.co.id
Dok Lifepal.co.id

HARIANHALUAN - Keadaan mobil yang sehat merupakan standar wajib di dalam setiap perjalanan, khususnya bagi pengemudi yang merencanakan perjalanan dengan jarak tempuh sedang hingga jauh.

Tidak jarang sebuah kecelakaan terjadi disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak mendukung, termasuk salah satu gejalanya adalah mobil yang tiba-tiba hilang tenaga di tanjakan ataupun di kondisi jalanan lainnya. Tentunya kehilangan tenaga bisa menjadi situasi yang membuat panik para pengemudi.

Baca Juga: Perkenalkan Daihatsu Ayla 1.0 M/T, Resmi Jadi Mobil Baru Termurah di Indonesia

Lifepal.co.id sebagai salah satu insurance marketplace terdepan di Indonesia, merangkum beberapa faktor penyebab dari hilang tenaganya dari kendaraan yang juga dilansir dari berbagai sumber. Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id, juga membagikan tips dari langkah pertolongan pertama untuk mengatasinya.

1. Oktan BBM kelewat rendah

Berbagai jenis bahan bakar tentunya memiliki tingkatan oktan yang berbeda. Sebagai pengguna kendaraan bermobil, alangkah lebih baik untuk lebih memperhatikan tingkatan oktan pada BBM. Karena nyatanya, perhitungan oktan BBM akan mempengaruhi kinerja mobil. Kandungan oktan yang semakin tinggi, akan membuat proses pembakaran pada mesin mobil menjadi lebih sempurna.

Baca Juga: Viral Ambil Mobil Usai Kecelakaan Butuh Rp 24 Juta, Berikuta Klarifikasi Satlantas Polres Grobogan

Penggunaan BBM dengan tingkatan oktan yang sesuai dengan kondisi mobil dapat memperkecil tingkat risiko hilangnya tenaga pada mobil secara tiba-tiba. Setiap jenis mobil tentunya memiliki saran penggunaan BBM dengan tingkatan oktan yang sudah menjadi standar dari jenis mobil tersebut. Namun biasanya, penggunaan BBM dengan tingkatan oktan yang lebih tinggi menjadi saran untuk mobil dengan keluaran terbaru.

2. Overheat

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: lifepal.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Najis yang Dimaafkan dalam Islam

Senin, 4 Juli 2022 | 14:27 WIB

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X