Demi Tingkatkan Nutrisi dan Cegah Dehidrasi, Berikut Tips Membuat Kucing Minum Air Lebih Banyak

- Jumat, 3 Juni 2022 | 13:45 WIB
Kucing tabi (Ruswanti)
Kucing tabi (Ruswanti)

Jakarta, HarianHaluan.com -  Air merupakan kebutuhan esensial bagi semua makhluk hidup, termasuk kucing. Air tidak hanya mencegahnya kucing dari dehidrasi, tapi juga menjaga kesehatannya.

Kucing dapat bertahan hidup dengan jumlah air yang lebih sedikit daripada hewan lainnya serta memiliki dorongan rasa haus yang rendah sehingga tidak sering untuk minum.

Meski demikian, bukan berarti tidak perlu memperhatikan dan memberikan air pada kucing peliharaan. Bagaimana pun air merupakan kebutuhan penting bagi kucing.

Kekurangan cairan pada kucing bisa menyebabkannya dehidrasi dan mengalami sejumlah masalah Kesehatan, sebagaimana dikutip dari Hill’s Pet.

Baca Juga: Terungkap, Inilah 4 Sebab Kucing Suka Makan Rumput

Perlu diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan masalah kandung kemih dan penyakit saluran kemih, termasuk penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih bagian bawah.

Selain itu, peradangan kandung kemih atau sistitis, tumor, kandung kemih pecah, dan batu. Batu kandung kemih merupakan kondisi yang mengancam jiwa karena menyebabkan penyumbatan uretra.

Ada beberapa cara mengetahui apakah kucing peliharaan mengalami dehidrasi atau tidak, salah satunya mencubit kulitnya sembari menariknya dengan lembut ke atas.

Apabila kulitnya tidak kembali ke posisi normalnya dengan segera, kemungkinan sahabat bulu mengalami dehidrasi.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X